Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Nov 2021 13:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Demi Cinta, Pria India Bikin Taj Mahal KW Buat Istri

Taj Mahal versi KW di Burhanpur, India.
Anand Prakash Chouksey (kanan) dan anak (kiri) (AFP/Uma Shankar Mishra)
Burhanpur -

Taj Mahal di India dikenal sebagai monumen megah bukti cinta. Terinspirasi, seorang pria India bikin versi KW-nya buat istri tercinta.

Dunia agaknya mengenal monumen Taj Mahal di Agra, yang merupakan bukti cinta Kaisar Mughal Shah Jahan pada mendiang istrinya Mumtaz Mahal. Faktanya, kisah di balik monumen itu memang banyak menginspirasi siapa pun yang datang melihatnya.

Salah satunya adalah seorang pebisnis India bernama Anand Prakash Chouksey. Hanya bedanya, ia tak menunggu sang istri meninggal untuk menunjukkan cintanya tersebut.

Dikutip detikTravel dari AFP, Minggu (28/11/2021), sang istri bahkan ikut terlibat dan memandu proses pembuatan Taj Mahal KW yang terletak di Burhanpur, Madhya Pradesh tersebut.

"Istri saya hanya menginginkan ruang meditasi. Dia adalah wanita spiritual," ujar Anand yang berusia 52 tahun itu.

Menurut Anand, replika Taj Mahal itu menghadirkan suasana berbeda dengan energi positif. Adapun ukuran Taj Mahal KW itu hanya sepertiga ukuran aslinya.

Hanya usut punya usut, lokasi replika Taj Mahal itu merupakan lokasi dimana Mumtaz Mahal meninggal kala melahirkan anak keempatbelasnya. Namun, saat itu kontur tanah tak memungkinkan Shah Jahan untuk membangun Taj Mahal di lokasi tersebut.

"Struktur tanah saat itu tak memungkinkan untuk membangun Taj Mahal di sini, itulah mengapa mereka membangunnya di Agra," tutur Anand.

Walau begitu, Burhanpur menyimpan peninggalan bersejarah berupa tempat pemandian yang dahulu dibangun oleh Shah Jahan untuk istrinya mandi. Dimana tempat itu masih bisa dilihat kini.

Kembali ke Taj Mahal KW buatan Anand yang jauh dari kisah tragedi, ia diketahui membangun monumen untuk sang istri selama tiga tahun. Ongkosnya pun tak sedikit, mencapai 15 juta rupee atau setara dengan 2,9 Miliar rupiah.

"Kami menggunakan marmer dari Makrana untuk membangun rumah itu, bahan yang sama untuk membangun Taj Mahal," ujarnya.

Tak sampai situ, Anand juga berencana menaruh bendera India di atas kubah utama serta simbol agama paling populer India di empat menara sekitarnya.

"Kami ingin mengirimkan pesan damai dan harmoni dalam beragama. Ada banyak kebencian di sekitar kita. Padahal cinta menyelesaikan semua masalah di dalam hidup, dan Taj Mahal adalah simbol tersebut," pungkasnya.



Simak Video "Menengok Masjid An-Nur Pekanbaru, Taj-Mahalnya Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA