Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 03 Jan 2022 06:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Australia, Negara Kepulauan Ini yang Pertama Rayakan Tahun Baru

Mandalika dihadirkan dengan sejuta pesonanya. Salah satunya adalah berburu sunset sambil melihat Sirkuit Mandalika. Seperti ini nih

Yups, travelers bisa coba datang ke bukit Seger ini. Lokasinya persis bersebelahan dengan Sirkuit Mandalika yang bakal jadi ajang MotoGP 2022 loh.
Ilustrasi pergantian tahun (Rachman/detikcom)
Jakarta -

Umumnya perayaan Tahun Baru dirayakan lebih dulu oleh masyarakat di Australia. Hanya menuju tahun 2022, negara kepulauan ini merayakan lebih dulu.

Kenyataannya, momen pergantian tahun di seluruh dunia tidak berlangsung serentak. Perbedaan waktu dan lokasi geografis tentunya akan menentukan negara mana yang akan merayakan pergantian tahun 2021 ke 2022 paling awal dan sebaliknya.

Dilansir detikTravel dari The Sun, negara Tonga di Samudera Pasifik akan menjadi yang pertama yang merayakan Tahun Baru 2022. Mereka merayakan berdasarkan waktu Greenwich pada jam 10.00 pagi atau 17.00 WIB.

Tonga adalah negara kepulauan yang berjarak 690 kilometer dari Suva, ibu kota dan kota terbesar di Fiji. Kepulauan Tonga terletak di perbatasan Lempeng Tektonik, yaitu Pasifik dan Australia.

Negara yang rayakan Tahun Baru 2022 terakhir

Sementara itu, tempat terakhir yang akan merayakan pergantian tahun adalah pulau-pulau kecil dan terpencil yang ada di Amerika Serikat.

Pulau Baker dan Pulau Howland adalah tempat terakhir yang akan merayakan Tahun Baru, yaitu pukul 12 siang GMT atau jam 19.00 WIB pada 1 Januari 2022. Namun, pulau-pulau ini tidak berpenghuni.

Kedua terakhir dari Pulau Baker dan Pulau Howland adalah Samoa Amerika yang berjarak tak jauh dari Tonga.

Indonesia sendiri akan menjadi negara ke-12 di dunia yang akan merayakan Tahun Baru 2022 apabila diurutkan dari yang pertama merayakan. Terlepas dari itu semua, semoga tahun 2022 membawa kabar baik bagi traveler sekalian.

Semoga COVID-19 dapat teratasi tahun depan, sehingga kehidupan dapat kembali normal seperti sediakala. Yang penting, tetap jaga prokes ya traveler!



Simak Video "Sambut Tahun Baru Islam, Pelajar di Sidrap Gelar Pawai Obor"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA