Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 18 Jan 2022 11:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Anak Betawi, Doel yang Ini Ada di Belgia

CNN Indonesia
detikTravel
Kota hantu di Belgia.
Foto: (AFP/Francois Walschaerts)
Doel -

Berbeda dengan Doel nama pria Betawi tukang insinyur, Doel di Belgia punya reputasi yang berbeda.

Doel memiliki reputasi sebagai kota hantu paling terkenal di Belgia. Kota ini sampai sekarang hanya memiliki 21 orang penduduk.

Berada di antara pelabuhan Antwerpen yang terus berkembang (terbesar kedua di Eropa) dan pembangkit listrik tenaga nuklir, Doel telah menjadi daya tarik yang mengerikan bagi turis yang penasaran dan "penjelajah kota" yang memfilmkan diri mereka sendiri dengan berani mondar-mandir di dalam reruntuhan bangunan.

Polisi berpatroli secara teratur untuk mencegah pengacau dan penghuni liar masuk. Kota ini hanya punya dua kafe, yang satu terhubung ke kincir angin abad ke-17 sedangkan satunya di sebuah gereja yang masih bertahan agar tak dilupakan.

Kota hantu di Belgia.Doel, Kota hantu di Belgia (AFP/Francois Walschaerts)

"Ini bukan kota hantu, tetapi jika Anda datang ke sini pada hari Minggu atau terutama di malam hari tentu saja Anda melihat rumah-rumah kosong dan itulah yang paling memicu orang untuk berpikir bahwa itu terlihat seperti kota hantu," kata penduduk, Liese Stuer kepada AFP.

"Saya pikir sangat penting bahwa orang tahu bahwa ini bukan kota hantu, bahwa mereka tahu masih ada orang yang mencoba tinggal di sini dan mencoba mengatur kehidupan," sambungnya.

Awal mula sejarah disebut kota hantu Belgia

Stuer, seorang seniman dan guru untuk orang asing dari Flemish yang berusia 37 tahun pindah ke Doel lima tahun lalu ketika dia bermitra dengan seorang lokal. Mengingat kota ini sebagai kota megah.

Namun, nasib Doel mengalami kemunduran pada akhir 1990-an ketika pihak berwenang Belgia memutuskan untuk mengambil alih dan melibas desa-desa di sekitar pelabuhan Antwerpen untuk membangun dermaga kontainer baru.

Selanjutnya: Cerita lengkapnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ilmuwan Belgia Teliti Reaksi Unik Babi pada Musik"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA