Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Feb 2022 21:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Laut Mati yang Anda Kenal, Ini Made In China

Laut Mati China atau Danau Garam Yuncheng atau Danau Xiechi
Laut Mati China atau Danau Garam Yuncheng atau Danau Xiechi (Foto: CNN)
Yuncheng, Shanxi -

Ini bukanlah Laut Mati yang Anda kenal yang berada di tanah Arab. Karena, destinasi ini berada di China.

Adalah Danau Garam Yuncheng, 'Laut Mati' China yang penuh warna. Juga dikenal sebagai Danau Xiechi lokasinya berada di provinsi Shanxi China.

Belakangan, destinasi ini populer di Instagram dan situs media sosial lainnya. Itu berkat foto udara yang memukau dengan memperlihatkan permukaannya yang berwarna-warni.

Dan, China ingin mengubah popularitas online itu menjadi pariwisata bagi kehidupan nyata. Langkah pertama yakni mengiklankannya kepada wisatawan domestik China.

Kampanye pariwisata baru-baru ini di situs media sosial China termasuk di Weibo dan WeChat menyebut Xiechi sebagai "Laut Mati Tiongkok". Pujian keindahan dan khasiat penyembuhannya jadi topik utama.

"Sebagai versi China dari Laut Mati Timur Tengah, mengapung di sini adalah pengalaman yang tak terlupakan, dan yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain," demikian bunyi iklan pariwisata yang disponsori oleh Yuncheng Salt Lake (Laut Mati China) Tourism Development Co. LTD.

Satu tanda dukungan tertinggi saat Danau Xiechi ditampilkan dalam acara TV China tahun 2019 yang merayakan ulang tahun ke-70 berdirinya Republik Rakyat China.

Laut Mati China atau Danau Garam Yuncheng atau Danau XiechiLaut Mati China atau Danau GaramYuncheng atau DanauXiechi (Foto: CNN)

Proses pembentukan Danau Xiechi

Ada tiga jenis danau garam di dunia: karbonat, klorida, dan sulfat. Laut Mati dan Danau Garam Besar di Utah keduanya adalah danau klorida. Yuncheng termasuk dalam kelompok terakhir.

"Jika sulfat dalam air Anda lebih besar daripada kalsium, semua kalsium akan habis," jelas profesor geografi Universitas Baptis Hong Kong, Bernie Owen pada CNN.

Xiechi juga merupakan danau dengan cekungan tertutup. Artinya air tidak mengalir ke sungai atau laut yang mengakibatkan kadar garamnya tetap tinggi.

Lalu, bagaimana warna-warni indah yang membuat danau ini begitu populer di kalangan fotografer? Mereka ada hubungannya dengan spesies hewan dan tumbuhan yang hidup di air.

"Jika Anda memiliki udang air asin, Anda cenderung mendapatkan warna merah," kata Owen.

"Ada hewan mikroskopis yang disebut rotifer, dan itu akan memberi warna ungu. Ungu juga cenderung didapatkan dari ganggang hijau. Dan kemudian hijau atau warna jeruk di danau yang sangat asin," kata dia.

Mungkin saja danau garam membeku, meskipun tidak secepat danau lain. Air asin membeku pada suhu yang lebih rendah daripada air tawar.

Laut Mati China atau Danau Garam Yuncheng atau Danau XiechiLaut Mati China atau Danau GaramYuncheng atau DanauXiechi (Foto: CNN)

Artikel ini berlanjut ke halaman berikutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penampakan Lubang-lubang Raksasa Bermunculan di Tepi Laut Mati"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA