Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Mar 2022 16:38 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Negara Paling Aman bila Terjadi Perang Dunia 3

Putu Intan
detikTravel
Sebagai negara terkurung daratan, Swiss menyabet medali perunggu pada voli pantai di Olimpiade Tokyo. Tahukah kamu kalau Swiss punya segudang destinasi wisata keren?
Foto: Getty Images
Jakarta -

Bayang-bayang terjadinya Perang Dunia 3 mencuat karena konflik Rusia dengan Ukraina. Sejumlah negara diklaim aman untuk berlindung.

Dilansir dari CNBC, Jumat (11/3/2022) ketegangan antara Rusia dan Ukraina yang melibatkan Amerika Serikat (AS), Eropa, dan NATO saat ini diyakini bisa memicu Perang Dunia 3. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut rekomendasi negara-negara teraman untuk tinggal.

1. Selandia Baru

Selandia Baru dianggap aman karena lokasinya terpencil dan jauh dari negara yang sedang berselisih. Negara di dekat Australia itu juga dikenal sistem ekonomi yang mapan.

Selandia Baru merupakan negara paling mandiri di dunia dalam hal pangan dan pertanian dan memiliki sedikit sistem sumber daya yang "terkuras" berkat populasi yang rendah. Tidak ada satwa liar yang berbahaya, bahkan kekerasan serta terorisme sangat jarang terjadi.

2. Kanada

Kanada sebenarnya menjadi bagian dari NATO. Kendati demikian, negara ini disebut aman bila Perang Dunia 3 terjadi.

Wilayah Kanada memiliki lebih dari 30 persen persediaan air tawar dunia. Tempat itu menjadi lokasi yang tepat untuk bercocok tanam dan dihuni.

Kanada memiliki daratan yang luas dengan beberapa wilayah yang masih belum berpenduduk. Salah satunya Yukon yang berada di barat laut Kanada.

Yukon memiliki wilayah geografi berupa pegunungan dan bagus untuk bersembunyi.

3. Islandia

Negara selanjutnya yang dinilai aman dari Perang Dunia 3 adalah Islandia. Islandia merupakan negara nordik yang tidak memiliki angkatan bersenjata militer sehingga dinilai tak menjadi ancaman.

Kondisi Islandia dinilai kondusif untuk tinggal. Ini karena mayoritas warganya merupakan kelas menengah dan tingkat kejahatannya rendah.

Negara ini memiliki indeks hak asasi manusia (HAM) tertinggi di dunia, terutama untuk kesetaraan gender.

4. Swiss

Swiss juga dinilai cocok menjadi tempat pelarian bila Perang Dunia 3 terjadi. Swiss adalah negara netral yang tidak bergabung bersama NATO.

Menurut Story Maps, negara non-blok sejak perang melawan Napoleon. Mereka tidak pernah berada dalam aliansi sehingga tidak memiliki musuh.

Selain itu, secara geografis, wilayah Swiss sulit untuk diinvasi. Negara itu dikelilingi pegunungan es.

Swiss juga sudah siap bila terjadi perang nuklir. Mereka sudah membangun lebih dari 20.000 bunker nuklir yang dapat menampung lebih dari 114 persen populasinya.

5. Irlandia

Irlandia juga dinilai tak bakal kena serangan nuklir bila Perang Dunia 3 terjadi. Negara ini memilih netral sejak Perang Dunia 1.

Selain itu, Irlandia juga telah membangun bunker nuklir yang berfungsi secara penuh untuk mempertahankan kehidupan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Dengan populasi penduduk Irlandia yang rendah, negara ini juga diprediksi tidak akan sulit untuk membangun tempat perlindungan bawah tanah yang cukup untuk menampung seluruh populasinya.



Simak Video "WNI di KBRI Kiev: Sering Dengar Ledakan dan Tembakan saat Malam Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA