Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Apr 2022 13:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Venesia Buka Landmark Terlarang untuk Umum, Berani Coba?

Procuratie Vecchie di Venesia
Procuratie Vecchie di Venesia (Foto: CNN)
Jakarta -

Ternyata Venesia masih punya amunisi lain untuk diperkenalkan pada para turis. Inilah landmark-landmark yang sebelumnya jadi spot terlarang.

Venesia memang terkenal tidak kekurangan turis. Dan, spot pemandangan terbarunya bertujuan untuk memanfaatkan masalah overtourism dengan mengarahkan mereka ke aksi sosial.

Procuratie Vecchie di St. Mark's Square, salah satu bangunan paling terkenal telah dibuka untuk umum, dan itu pertama kalinya dalam sejarah, melansir CNN, Sabtu (16/4/2022).

Dibangun pada awal tahun 1500-an di Basilika St. Mark, setelah bangunan sebelumnya dihancurkan oleh api, fasad Neoklasik setinggi 500 kaki adalah salah satu gambar Venesia yang paling terkenal. Serambi lantai dasar menampung kafe-kafe bersejarah seperti Quadri.

Sekarang, untuk pertama kalinya, pengunjung dapat mengakses lantai keempat dan terakhirnya. Di mana sebuah pameran permanen telah dipasang di bawah atap balok bangunan yang miring.

Procuratie Vecchie di VenesiaProcuratie Vecchie di Venesia (Foto: CNN)

Dulunya, ruang itu merupakan kantor pusat perusahaan asuransi Generali Italia sejak tahun 1832. Gedung ini telah mengalami renovasi selama lima tahun yang dipimpin oleh arsitek David Chipperfield.

Namun demikian, Generali masih mempertahankan kantor di lantai dua, dan akan menyewakan yang ketiga untuk pameran dan terbuka untuk umum, yang keempat akan menjadi markas The Human Safety Net, sebuah proyek yang membantu orang dan keluarga yang berisiko, termasuk pengungsi.

Bagian dari itu ada pameran teknologi tinggi yang jarang terlihat di Venesia. Alih-alih memperlihatkan sejarah atau seni, "The World of Potential" adalah keterampilan sosial melalui teknologi.

Pameran langsung itu dirancang untuk menanamkan perhatian dan empati pada pengunjung, termasuk permainan kerja tim, dan satu latihan dengan pengunjung dapat mengangkat bola ke udara hanya dengan kekuatan konsentrasi.

Dengan membeli tiket untuk pameran maka setengahnya masuk ke The Human Safety Net dan sebagai akses pengunjung ke kafe lantai empat. Di sana ada dua teras yang mengarah langsung ke kubah Basilika St. Markus dan campanile (menara lonceng) yang terkenal.

Procuratie Vecchie di VenesiaProcuratie Vecchie di Venesia (Foto: CNN)

Teras tidak memiliki pemandangan alun-alun, karena berada di bawah garis atap bangunan. Namun, ruang di lantai atas memiliki jendela yang menghadap ke area yang disebut Napoleon sebagai "ruang tamu Eropa".

Ruang itu sendiri mungkin merupakan proyek yang paling menarik. Renovasi Chipperfield telah mengubah tingkat loteng yang ditinggalkan menjadi serangkaian besar ruangan yang saling berhubungan dengan lengkungan berlapis batu yang menghubungkannya sepanjang jalan.

Di sana juga akan ada ruang kerja bersama dan ruang pertemuan di lantai atas, meskipun itu tidak akan terbuka untuk umum, atau untuk penduduk setempat, tetapi digunakan oleh perusahaan dan LSM yang datang untuk menghabiskan waktu di Venesia. Kafe hanya akan terbuka untuk pengunjung pameran.

Generali sebelumnya mendanai pembangunan kembali Royal Gardens, tempat populer untuk duduk di antara St. Mark's Square dan tepi laut.



Simak Video "Venesia Lebih Sering Tergenang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA