Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 20 Apr 2022 20:37 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tibet dan 5 Destinasi di Dunia yang Haram Diterbangi Pesawat

Pelaksanaan haji di masa pandemi COVID-19 membuat para jemaah menunaikan ibadah haji dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti ini potretnya.
Foto: Kakbah di Mekkah (AP Photo/Amr Nabil)
Tibet -

Tahukah traveler, selain Tibet masih ada 5 destinasi lain di dunia yang haram untuk diterbangi pesawat. Bisakah kamu menebak, dimana saja destinasi itu?

Tibet adalah daerah yang selalu dihindari pilot ketika menerbangkan pesawat. Tibet dikenal memiliki kondisi geografis yang ekstrem.

Daerah yang menjadi bagian China itu berada di dataran tinggi dan dikelilingi pegunungan. Ketinggian rata-rata di sana adalah 4.500 meter. Dengan ketinggian itu, pesawat tidak akan punya cukup waktu untuk turun bila ada keadaan darurat.

Alasan lain pilot tidak mau terbang di Tibet adalah kekhawatiran tentang pembekuan bahan bakar. Seperti kita tahu, Tibet memiliki pegunungan yang suhunya lebih rendah.

Bahan bakar standar Jet A1 memiliki titik beku -47 derajat Celcius. Sedangkan bahan bakar Jet A yang umumnya digunakan maskapai Amerika Serikat sedikit lebih tinggi yakni -40 derajat. Apabila pesawat melakukan penerbangan panjang yang berkelanjutan di wilayah tersebut ditakutkan bahan bakarnya akan membeku.

Selain Tibet, rupanya masih ada 5 destinasi lain yang dihindari pilot pesawat. Apa saja ya?

1. Macchu Picchu, Peru

Selain Tibet, pilot dilarang menerbangkan pesawat mereka ke Macchu Picchu. Alasannya, karena ingin menjaga situs bersejarah ini dari polusi. Alasan lainnya juga karena di sini pilot tidak bisa melakukan pendaratan darurat karena akan merusak situs tersebut.

Situs bersejarah, Machu Picchu, kembali dibuka untuk umum. Wisata daya tarik nomor satu di Peru ini membatasi kapasitas pengunjungnya menjadi 30%.Situs bersejarah, Machu Picchu, kembali dibuka untuk umum. Wisata daya tarik nomor satu di Peru ini membatasi kapasitas pengunjungnya menjadi 30%. Foto: AP Photo/Martin Mejia

2. Makkah, Arab Saudi

Selain Macchu Picchu, wilayah udara Makkah di Arab Saudi juga haram diterbangi pesawat. Di Makkah terdapat bangunan yang dianggap sangat suci oleh umat Islam, yaitu Kakbah.

Pilot yang terbang di atas Kakbah terancam sanksi berat dan denda yang sangat besar oleh pemerintah Arab Saudi.

Saudi police woman, Bashair, left, adjusts the veil of her colleague Alaa, as they recently deployed to the service at the Grand Mosque, during the annual hajj pilgrimage, in the Saudi Arabia's holy city of Mecca, Tuesday, July 20, 2021. (AP Photo/Amr Nabil)Petugas keamanan di Masjidil Haram (AP Photo/Amr Nabil) Foto: AP/Amr Nabil

Selanjutnya: Taj Mahal

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA