Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Mei 2022 21:01 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Turki, Destinasi Favorit Turis Indonesia Selama Pandemi

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Photobooth Cappadocia, Turki by AntaVaya at Allo Bank Festival Travel Fair.
Photobooth Cappadocia dari AntaVaya di Travel Fair Allo Bank Festival. Foto: Yasmin Nurfadila
Jakarta -

Selama pandemi kegiatan pariwisata mengalami penurunan drastis bahkan sempat terhenti. Hal ini terjadi secara merata di seluruh belahan bumi. Meski begitu, ternyata bagi wisatawan Indonesia tetap ada destinasi wisata luar negeri yang menjadi primadona.

"Kalau ditanya yang paling rame pasti Turki sih, selain karena sudah buka dari awal, harganya kompetitif, murah banget ke Turki itu, terus juga nggak terlalu ribet, karena ke sana nggak perlu visa kan," tutur Manager Product and Pricing dari AntaVaya Leisure Eron Christian, ketika ditemui di Travel Fair Allo Bank Festival.

Pada tahun 2021, ketika masih sedikit negara yang membuka border-nya untuk negara lain, Turki menjadi salah satu yang berani. Sehingga masyarakat Indonesia yang sudah jenuh dengan pandemi, banyak yang memutuskan untuk berlibur ke Turki.

Selain itu, pada tahun 2021 harga yang ditawarkan untuk paket wisata ke Turki memang sangat murah. Berada di kisaran Rp 9-10 juta untuk 10 hari. Harga ini sudah termasuk tiket pesawat, akomodasi hotel, transportasi, serta makan tiga kali sehari.

Murahnya harga yang ditawarkan disebabkan oleh harga tiket pesawat dan hotel yang pada saat itu turun, karena kurangnya peminat. Tidak hanya itu, wisatawan Indonesia juga mendapatkan sponsor dari pemerintah Turki serta beberapa toko di lokasi wisata. Hal ini dilakukan untuk menggerakkan kembali roda perekonomian yang berasal dari pariwisata.

Pada 2022, ketika banyak negara yang sudah membuka border-nya dan masyarakat sudah berani untuk bepergian, harga untuk berwisata ke Turki kembali normal. Hal ini terjadi karena meningkatnya permintaan tiket pesawat dan hotel yang membuat harga kembali tinggi.

Meski begitu, minat masyarakat Indonesia untuk berlibur ke Turki masih tinggi. Banyak tanggal reservasi paket wisata yang sudah terjual habis. Eron Christian mengatakan bahwa walaupun harga sudah kembali normal, tetapi harga paket wisata ke Turki secara umum memang lebih terjangkau. Sehingga peminatnya tetap banyak hingga saat ini.

Harga yang ditawarkan pada 2022 berkisar antara Rp 12-15 juta untuk paket yang sama. Eron juga menambahkan bahwa pesona wisata balon udara di Cappadocia, Turki, juga menjadi salah satu daya tarik utama yang membuat wisatawan Indonesia tertarik untuk pergi.

Selain Turki, paket wisata lain yang banyak diminati masyarakat Indonesia adalah Tur Eropa. Tur ini menawarkan liburan keliling Eropa Barat untuk 8 sampai 13 hari. Negara-negara yang menjadi tujuan tur adalah Belanda, Belgia, Perancis, dan Swiss. Harga yang ditawarkan untuk tur ini mulai dari belasan hingga sekitar 30 jutaan. Harga ini sudah termasuk tiket pesawat, hotel, transportasi, dan makan satu sampai dua kali sehari.



Simak Video "Gegap Gempita Allo Bank Festival 2022 Day 3"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA