Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 24 Mei 2022 18:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wilayah Belanda Ada di Bawah Permukaan Laut, Ini Cara Cegah Banjir

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Amsterdam
Amsterdam Foto: Getty Images/iStockphoto/Sean Pavone
Jakarta -

Belanda memiliki luas wilayah sekitar 41.526 km2 dengan garis pantai sepanjang 230 km. Negara ini dikenal dengan kemampuan penanganan airnya yang hebat. Kehebatannya ini dipicu oleh kondisi wilayah Belanda yang rentan mengalami banjir.

Menyadur dari laman Dutch Review, sekitar satu pertiga atau 27% wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut. Dengan titik terendah ada di wilayah bernama Nieuwerkerk aan den IJssel dengan ketinggian 6.7 meter di bawah permukaan laut. Wilayah ini terletak di sepanjang sungai IJssel, Kota Zuidplas, Provinsi Holland Selatan.

Wilayah-wilayah di bawah permukaan laut ini termasuk kota-kota besar di Belanda seperti Rotterdam dan Amsterdam. Salah satu titik terendah dengan ketinggian 6 meter di bawah permukaan laut berada di wilayah Kota Rotterdam.

Meski begitu, travelers tidak perlu khawatir akan banjir jika sedang mengunjungi Negara Belanda. Setelah beberapa banjir besar yang dialami Belanda di pertengahan abad 20, kini Belanda sudah memiliki sistem pencegahan banjir dan pengelolaan air yang kompleks.

Sistem pencegahan banjir ini di antaranya terdiri atas dibangunnya dikes dan dunes, serta ditempatkannya banyak pompa di berbagai titik. Dike adalah area atau batasan yang dibangun untuk mengurung atau menjaga arus air. Sedangkan dune merupakan semacam bukit pasir yang dibangun untuk membatasi wilayah daratan dengan perairan.

Sistem anti banjir ini tersebar di hampir seluruh wilayah rawan di Belanda. Meski terdengar sangat sistematis, namun sistem ini dibangun dengan teratur dan indah. Hingga bahkan beberapa area dike dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi.

Hal lain yang menarik dari kondisi wilayah Belanda yang berada di bawah permukaan laut adalah keberadaan perlintasan kapal laut atau jembatan air yang berada di atas jalan untuk mobil. Jembatan air atau water bridge ini terletak di Jalan N302, yang menghubungkan wilayah utama Belanda ke wilayah Provinsi Flevoland. Jembatan air ini bernama Veluwemeer Aqueduct.



Simak Video "Ribuan Warga Belanda Gelar Demo Menentang Kebijakan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA