Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jun 2022 22:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sungai Aare dan 4 Bangunan Bersejarah yang Mengelilinginya

Putu Intan
detikTravel
Sungai Aare
Sungai Aare Foto: Dok. Situs Kota Bern
Jakarta -

Sungai Aare dinobatkan sebagai warisan tak benda dari UNESCO. Di sekelilingnya terdapat bangunan bersejarah yang dapat dikunjungi.

Sungai Aare memiliki panjang 295 kilometer menurut catatan situs Britanica. Dengan panjang tersebut, sungai ini menjadi yang terpanjang di Swiss.

Selain panjang, Sungai Aare juga luas. Ukurannya mencapai 17.779 kilometer persegi.

Kemudian Sungai Aare juga dikenal dalam. Titik terdalam sungai ini sekitar 200 meter.

Wisatawan umumnya datang ke Sungai Aare untuk berenang sembari menikmati pemandangan. Namun selain itu, di pinggir Sungai Aare juga terdapat empat bangunan bersejarah yang menjadi saksi berbagai kisah di sana.

1. Federal Palace

Lightning illuminates the sky above the Swiss Federal Palace (Bundeshaus) in Bern, Switzerland May 27, 2018. Picture taken May 27, 2018.  REUTERS/Stefan Wermuth     TPX IMAGES OF THE DAY Foto: Dok. REUTERS/Stefan Wermuth

Federal Palace atau Istana Federal merupakan bangunan yang paling terkenal bila dilihat dari Sungai Aare. Ini merupakan gedung parlemen Swiss. Di bagian dalam juga terdapat beberapa kantor departemen pemerintahan dan perpustakaan.

Federal Palace pertama kali dibuka pada 1902. Salah satu bagian yang ikonik adalah Hall of Dome yang merupakan kubah setinggi 64 meter. Pada bagian kubah juga dihiasi mozaik lambang negara, semboyan, dan 22 wilayah di Swiss.

2. Altstadt

Pohon Sakura di Altstadt Bonn Diancam Akan Diracun Foto: DW (Soft News)

Tak cuma Jakarta yang punya Kota Tua, Swiss juga punya Kota Tua yang disebut Altsadt. Kota ini benar-benar tua karena dibangun pada abad ke-12.

Altstadt dulunya merupakan pusat Kota Bern. Kita dapat melihat bangunan berarsitektur klasik yang ditandai dengan berdirinya patung, air mancur, jembatan serta katedral.

Karena mengandung nilai sejarah, Altsadt pun dimasukkan dalam situs warisan dunia UNESCO pada 1983.

3. Jembatan Untertorbrucke

Sungai AareFoto: (dok. Bern)

Sebenarnya ada 17 jembatan yang ada di sepanjang Sungai Aare. Namun salah satu yang terkenal adalah Jembatan Untertorbrucke.

Jembatan ini diyakini sebagai jembatan tertua di Swiss. Jembatan itu juga dilindungi sebagai cagar budaya dan menjadi spot hits bagi wisatawan untuk berfoto.

4. Barengraben

Bern, Switzerland - June 25. 2012: A Bear is walking along edge of pool in Bern Bear Pit (Barengraben) in Bern Bear Park, Berne, Switzerland, Europe. Bear is a symbol of both the city and surrounding canton, and is featured in their coat of arms Foto: Getty Images/Vichai Phububphapan

Mau melihat beruang cokelat yang lucu di Sungai Aare? Bisa datang ke Barengraben. Barengben dibuka pada 1857 dan masuk dalam daftar Swiss National Heritage.

Mulai 2009, Barengraben dilengkapi dengan kehadiran BarenPark. Tempat ini merupakan areal yang lebih terbuka dan berada di tepi Sungai Aare.



Simak Video "Sederet Fakta Sungai Aare di Swiss Tempat Anak Ridwan Kamil Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA