Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 04 Jun 2022 21:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kuburan Mobil Itu Biasa... Ini Kuburan Tank!

bonauli
detikTravel
Kuburan Tank di Kota Asmara
Kuburan tank di kota Asmara (Getty Images/iStockphoto)
Asmara -

Destinasi wisata bukan cuma pemandangan alam. Ada beberapa negara yang membuka kuburan sebagai penarik wisatanya.

Kuburan yang satu ini bukan destinasi biasa-biasa saja. Unik dan punya nilai sejarah, tempat ini bernama Military Tank Graveyard alias kuburan tank militer.

Dilansir dari Atlas Obscura, Sabtu (4/6/2022) kuburan tank ini berada di pinggir kota Asmara, Eritrea. Eritrea sendiri merupakan negara kecil di bagian timur laut Afrika.

Menurut sejarahnya, Eritrea awalnya sebuah koloni yang dibuat oleh Kerajaan Italia. Meski berada di Afrika, nuansa negara ini Italia banget.

Kembali lagi ke kuburan tank militer Eritrea. Ada sejarah panjang, mengapa tank-tank tersebut dibiarkan di sana.

Kuburan Tank di Kota AsmaraKuburan Tank di Kota Asmara Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Tank yang berjumlah ratusan ini adalah sisa-sisa perang Eritrea dan Ethiopia. Dua negara ini berperang dari antara tahun 1961-1991.

Didukung oleh Uni Soviet, Eritrea mendapat pasukan besar, tank, truk, mobil dan mesin-mesin perang. Ini mengapa, pelat logam dan amunisi tank yang tersisa memiliki tanda USSR (Union of Soviet Socialist Republic).

Karena kekuatan dukungan ini, Eritrea akhirnya memenangkan perang yang berlangsung selama 30 tahun tersebut. Setelah perang, tentara Eritrea mengumpulkan semua perangkat keras militer dan menumpuknya di satu tempat.

Kuburan Tank di Kota AsmaraKuburan Tank di Kota Asmara Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Kini tempat tersebut dikenal dengan nama Military Tank Graveyard. Situs ini ini terlihat kumuh, karena semua tank ditumpuk-tumpuk tak beraturan. Bahkan mobil, dan kendaraan bekas lainnya ikut ditumpuk di sini.

Namun situs ini memiliki arti tersendiri bagi penduduk Eritrea. Situs ini menjadi simbol pembebasan nasional yang membanggakan serta pengingat akan banyaknya nyawa yang hilang dalam pertempuran selama perang.



Simak Video "Ada 250 Kupu-Kupu Bordir di Busana BARLI ASMARA x Encanto"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA