Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 05 Jun 2022 08:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

San Marino: Negara Kecil nan Indah, Bulan-bulanan di Sepakbola

bonauli
detikTravel
San Marino
San Marino (Getty Images/iStockphoto)
San Marino -

Negara yang satu ini indah dan unik. Namun, selalu saja jadi bulan-bulanan kalau bicara soal sepakbola.

Inilah San Marino, sebuah negara di dalam negara Italia. Melalui situs resmi FIFA, San Marino berada dalam peringkat terakhir alias 211. Padahal, sepakbola adalah olahraga paling populer di San Marino.

Federasi sepak bola nasionalnya dibentuk pada tahun 1986. Mereka bergabung dengan FIFA dan UEFA pada tahun 1988 dan bermain di kualifikasi untuk Kejuaraan Eropa.

Pertandingan pertama San Marino di kancah internasional melawan Swiss pada November 1990. Saat itu, San Marino menerima kekalahan 4-0 di kandang sendiri.

Pertandingan terus berlanjut, namun satu-satunya kemenangan yang pernah diraih San Marino datang saat melawan Liechtenstein pada tahun 2004 dengan skor 1-0.

San MarinoSan Marino Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Kekalahan terburuk yang pernah dicatat San Marino terjadi pada tahun 2006 saat melawan Jerman. Tak tanggung-tanggung, pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2008 ini membantai San Marino hingga 13-0.

Negara ini hanya menang satu kali dari 131 pertandingan yang dimainkan sejak 1990. Selisih golnya minus sampai 528. Ini mengapa San Marino kerap jadi bulan-bulanan negara dalam sepakbola.

Meski tak cakap dalam olahraga, San Marino termasuk negara yang memiliki catatan diplomatik yang sangat baik. Saking bagusnya, mantan presiden Abraham Lincoln memuji negara ini, sampai jadi warga negara kehormatan.

Dibentengi dengan kekuatan politiknya, San Marino tak pernah sekalipun kehilangan invasi. Bahkan mereka tak pernah menolak suaka bagi mereka yang mencari perlindungan politik.

Ini tercatat dalam sejarah Perang Dunia II. San Marino memberikan suaka dan perlindungan kepada 100.00 pengungsi dari daerah sekitar Italia yang dibom. Negara ini tetap netral hingga perang berakhir.

San MarinoSan Marino Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Sebagai salah satu negara terkecil dunia, San Marino akan memukau turis dengan keindahan alam dan rekor-rekor dunia yang pernah diraih.

San Marino menjadi negara pertama dunia yang yang mendirikan layanan pos reguler. Negara ini juga dianggap sebagai pemillik konstitusi nasional tertua yang masih ada di dunia.

Fakta unik lainnya, negara ini tak memiliki bandara. Saking kecilnya, populasi penduduk San Marino kalah saing dengan jumlah mobil yang beredar di sana!



Simak Video "Resmi Berpisah! Game FIFA Ganti Nama Jadi EA Sports FC"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA