Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 26 Jun 2022 06:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Berencana Solo Traveling? Ini 5 Negara Eropa Paling Aman untuk Dikunjungi

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Geneva cityscape of sunset in summer, Switzerland
Danau Jenewa. Foto: (iStock)
Jakarta -

Buat traveler yang berencana solo traveling ke Eropa, ini deretan negara paling aman untuk dikunjungi. Simak!

Dalam merencanakan perjalanan, biasanya hal utama yang menjadi pertimbangan adalah bujet dan akomodasi. Namun, bagi travelers yang berencana mengunjungi tempat baru atau berencana untuk solo traveling, keamanan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Bagi travelers yang berencana akan ke Eropa untuk pertama kalinya. Apalagi jika akan melakukan solo traveling. Hasil penelitian ini mungkin perlu travelers ketahui.

Forbes Advisor membuat sebuah penelitian untuk menentukan negara Eropa mana yang paling aman dikunjungi tahun ini. Mereka melakukan penilaian yang didasarkan pada beberapa faktor. Seperti, tingkat kriminalitas (terutama untuk kasus pembunuhan), kualitas air dan fasilitas kesehatan, hingga tingkat polusi.

Penelitian ini menghasilkan 5 negara yang dinilai paling aman untuk dikunjungi. Berikut adalah daftarnya:

1. Swiss

Desa Albinen di SwissDesa Albinen di Swiss. Foto: YouTube Flosavanah

Swiss menjadi negara dengan skor keamanan tertinggi, yaitu 88,3. Tidak mengherankan karena Swiss memang unggul dalam banyak faktor.

Tingkat kriminalitas di Swiss tergolong rendah. Dikutip dari eTN, tingkat pembunuhan di Swiss rendah jika dibandingkan negara lain. Berada pada skor 5.7 per satu juta penduduk. Pada tahun 2019 hanya ada 50 kasus pembunuhan.

Berdasarkan data dari Euro Health Consumer Index, Swiss memiliki fasilitas kesehatan terbaik dari 29 negara Eropa yang ikut dalam penelitian ini. Fasilitas kesehatan Swiss memiliki skor 893 dari 100.

Selain itu, Swiss juga memiliki kualitas air untuk mandi yang baik. Sekitar 93% air mandi di Swiss termasuk dalam kategori unggul. Sedangkan untuk tingkat polusi, Swiss termasuk ke dalam 10 negara dengan kualitas air paling bersih.

2. Slovenia

Danau BledDanau Bled, Slovenia. Foto: (Getty Images/istock)

Slovenia berada pada urutan kedua negara teraman dengan skor 82,3. Slovenia merupakan salah satu negara dengan tingkat pembunuhan paling rendah. Yaitu pada 4.8 per satu juta.

Selain itu layanan kesehatan Slovenia juga terkategori baik dengan skor 678 dari 100. Sedangkan untuk kualitas air, 85% air untuk mandi di Slovenia berkategori unggul.
Tidak hanya itu, Slovenia memiliki rata-rata tingkat polusi 13.3 PM2.5, hanya berbeda sedikit dengan Swiss yang memiliki skor 10.8.

3. Portugal

Funchal, Madeira, Portugal - November 3, 2016:  The Christiano Ronaldo Pestana CR hotel and museum is pictured on the Funchal waterfront on the Portuguese island of Madeira.Funchal, Madeira, Portugal. Foto: Getty Images/iStock

Portugal berada pada urutan ketiga dengan skor 82.1. Dengan tingkat pembunuhan yang cukup rendah di antara negara-negara Eropa lainnya.

Portugal berada pada ranking kesepuluh untuk fasilitas kesehatan. Kemudian untuk kualitas air, Portugal memiliki kualitas yang sama dengan Swiss. 93% dari air yang digunakan untuk mandi di Portugal berkategori unggul atau sangat baik.

Sedangkan untuk tingkat polusi, Portugal berada pada urutan keempat. Menjadikannya salah satu negara dengan tingkat polusi udara terendah. Dengan skor 7.1 PM2.5, lebih rendah dari Swiss.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Asyiknya Berkelana di Eropa dengan Kereta Kuno Bohinj"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA