Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 16:02 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Awas! 5 Negara di Eropa Ini Cantik tapi Rawan Copet

Putu Intan
detikTravel
Museum Louvre
Museum Louvre di Prancis. Foto: (Arpawi Harun/d'traveler)
Jakarta -

Eropa dikenal sebagai benua dengan negara-negara maju. Destinasi wisatanya juga selalu diserbu turis. Sayangnya, pencopetan masih marak terjadi di sana.

Kasus pencopetan atau pencurian kerap dialami turis yang berlibur ke Eropa. Turis-turis ini biasanya menjadi incaran para penjahat yang ingin mengambil uang, ponsel, kamera dan laptop.

Hal ini tentu mengkhawatirkan mengingat turis datang ke Eropa untuk menikmati kemajuan peradaban dan bangunan dengan arsitektur klasik. Para turis diminta untuk selalu waspada menjaga barang bawaan karena pencopet bisa beraksi kapan saja.

Dari sejumlah negara Eropa, setidaknya ada 5 negara tujuan wisata yang rawan pencopetan. Berikut daftarnya mengutip CNNIndonesia.com.

1. Prancis

Museum Louvre di Kota Paris kembali dibuka untuk umum hari ini, Senin (6/7). Sejumlah wisatawan pun berdatangan untuk menikmati beragam karya seni di museum ituMuseum Louvre di Kota Paris kembali dibuka untuk umum hari ini, Senin (6/7). Sejumlah wisatawan pun berdatangan untuk menikmati beragam karya seni di museum itu Foto: AP Photo/Thibault Camus

Prancis merupakan salah satu destinasi terpopuler di Eropa. Negara ini punya Menara Eiffel yang menjadi destinasi populer.

Selain itu negara ini juga dikenal romantis. Banyak pasangan yang memilih Prancis sebagai lokasi kencan.

Soal fashion, Prancis juga sangat menonjol. Paris bahkan disebut sebagai pusat mode dunia.

Tetapi, tingkat kejahatan di sana juga tergolong tinggi. Para pencopet begitu lihai berbaur dengan wisatawan. Lokasi yang biasanya jadi incaran adalah di Menara Eiffel, Museum Louvre dan Metro.

2. Spanyol

Kota BarcelonaKota Barcelona. Foto: (iStock)

Selain Prancis, Spanyol juga dikenal memiliki riwayat kriminalitas yang tinggi. Lokasi yang paling rawan pencopetan adalah Barcelona.

Barcelona merupakan kota yang sering dikunjungi turis. Para pencopet lihai menjalankan triknya mengelabui turis lalu dengan cepat mengambil barangnya.

Biasanya pencuri berjumlah lebih dari satu orang. Satu orang bertugas mengalihkan fokus turis, lalu yang satu lagi dengan cepat mencuri barang wisatawan.

Selain Barcelona, turis juga mesti waspada di Kota Madrid karena kasus pencurian juga kerap terjadi di sana.

3. Italia

Turis menunggu dalam antrian untuk memasuki Colosseum di Roma, Italia, Jumat, 6 Agustus 2021. Apa yang disebut Green Pass, diperlukan mulai Jumat untuk mengakses makan dalam ruangan, teater, kolam renang dalam ruangan, pusat kebugaran, museum, dan pertemuan lainnya tempat dan diberikan kepada siapa pun yang memiliki setidaknya satu dosis vaksin dalam sembilan bulan terakhir, yang telah pulih dari COVID-19 dalam enam bulan terakhir atau dinyatakan negatif dalam 48 jam sebelumnya. (Foto AP/Riccardo De Luca)Turis menunggu dalam antrian untuk memasuki Colosseum di Roma, Italia. Foto: AP/Riccardo De Luca

Negara rawan pencopetan lainnya adalah Italia. Lokasi yang paling rawan pencopetan adalah Roma dan Milan.

Terang saja, kedua kota ini paling sering didatangi turis. Biasanya pencopet akan pura-pura masuk dalam antrean lalu mencuri barang turis.

Seperti dilansir TripAdvisor, para pelaku akan mengalihkan perhatian korban, sebelum rekan yang lain mengambil barang milik turis. Selain Roma dan Milan, pencopet Kota Florence juga pandai menjalankan operasinya.

4. Yunani

Kota Athena, YunaniKota Athena, Yunani. Foto: (Dok. BBC Travel)

Yunani rupanya juga rawan pencopetan. Pencopetan kerap terjadi di Kota Athena.

Hati-hati jika tiba-tiba Anda dikerumuni anak-anak kecil. Mereka bukan ingin bermain dengan Anda, melainkan mencuri barang-barang berharga Anda. Itu merupakan modus pencurian mereka.

Usai mendekati, anak-anak itu akan lari berpencar. Turis akan dibuat kesulitan melacak ke mana barangnya pergi dan siapa yang mencurinya.

Sementara itu, anak-anak tadi bakal menyembunyikan hasil curian mereka ke dalam pakaian orang dewasa, yang juga bagian dari sindikat mereka.

5. Republik Ceko

Kota Tua di PrahaKota Tua di Praha. Foto: (Iin Yumiyanti/detikTravel)

Pesona Kota Praha menjadi magnet para wisatawan mengunjungi Republik Ceko. Kota ini disebut sebagai harta dunia karena memiliki bangunan kuno yang indah dan kokoh.

Sayangnya, keindahan Kota Praha harus tercoreng dengan aksi pencopetan yang kerap terjadi. Para pencopet ini biasanya mengincar turis-turis yang kebingungan mencari lokasi.

Pencopet biasanya menjalankan aksinya di objek wisata Jembatan Charles. Jadi berwisata ke Praha, traveler sebaiknya tidak sendirian supaya terhindar dari kasus pencopetan.



Simak Video "Bujuk Polisi Minta Copet Berpisau di TransJ Serahkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA