Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 08 Agu 2022 17:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Fakta Kosovo, Negara yang Belum Diakui Indonesia

bonauli
detikTravel
Tradisi Pulang Kampung Kosovo
Kosovo (Tim Jazirah Islam/ Trans7)
Pristina -

Dua Lipa didapuk menjadi duta kehormatan negara Kosovo. Sudah memerdekakan diri, tapi Indonesia belum mengakui negara ini!

Kosovo merupakan wilayah pecahan Serbia yang memerdekakan diri pada 17 Februari 2008. Dikutip dari laman resmi Kemenlu Indonesia, Senin (8/8) pada tahun 2006 Serbia sepakat untuk berdialog dengan pihak Kosovo mediasi dari Martti Ahtisaari.

Untuk itu Serbia mengakomodir permintaan pihak Kosovo, melalui referendum konstitusi Serbia di tahun 2006 yang pada intinya menegaskan status Kosovo menjadi "more than autonomy, less than independence" dan menjadikan Kosovo sebagai wilayah otonomi khusus dalam bingkai Republik Serbia.

Namun di satu sisi Pihak Kosovo menolak usulan Serbia dimaksud dan tetap bersikukuh untuk memerdekakan diri dari Serbia, yang pada akhirnya bermuara ke Pernyataan Kemerdekaan Sepihak Kosovo di tahun 2008.

Hingga saat ini, Indonesia belum mengakui kemerdekaan Kosovo. Posisi Pemerintah tersebut di atas sejalan dengan prinsip Indonesia untuk menghormati sepenuhnya prinsip kedaulatan nasional dan keutuhan wilayah setiap negara anggota PBB, yang merupakan prinsip yang dikandung dalam Piagam PBB dan Hukum Internasional, sebagai prinsip penting yang harus dijunjung tinggi oleh negara-negara, utamanya negara-negara berkembang yang masih menghadapi tantangan 'nation building' mereka.

Tradisi Pulang Kampung KosovoKosovo Foto: Tim Jazirah Islam/ Trans7

Selain belum diakui sebagai negara, Kosovo juga punya beberapa fakta menarik. Kosovo merupakan berada di wilayah Albania yang dulunya menganut pemerintahan Ottoman. Sehingga mayoritas penduduknya beragama muslim.

Luas Kosovo 10.887 km persegi dengan populasinya 1.873 juta penduduk. Kalau dipresentasikan 70 persen penduduknya berusia 35 tahun. Bisa dibilang negara ini kebanyakan dihuni oleh anak-anak muda.

Tradisi Pulang Kampung KosovoKosovo Foto: Tim Jazirah Islam/ Trans7

Sebagai negara baru, Kosovo mulai menggenjot pariwisatanya. Negara ini di kelilingi oleh pegunungan, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang hobi treking.

Sebut saja Pegunungan Rugova. Pegunungan ini punya pemandangan yang indah. Ketika kamu sampai di puncak Hajla, kamu sudah berada di perbatasan antara Kosovo dan Montenegro. Pemandangan sangat eksotis.

Selain itu ada Germia Park, Patriarchate of Pec, Masjid Kekaisaran, Air terjun Mirusha, Gua Marmer dan Danau Gazivoda.



Simak Video "Dua Lipa dan Anwar Hadid Dikabarkan Putus"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA