Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 10 Sep 2022 18:26 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Istana St James yang Mencuri Perhatian Saat Penetapan Raja Inggris

Femi Diah
detikTravel
Anggota pengawal  Coldstream parade saat proklamasi Raja Charles III di Friary Court Istana pada Sabtu (10/9/2022). (Photo by Richard Heathcote / POOL / AFP)
Anggota pengawal Coldstream parade saat proklamasi Raja Charles III di Friary Court Istana pada Sabtu (10/9/2022). (Photo by Richard Heathcote / POOL / AFP)
London -

Raja Charles III resmi diproklamasikan sebagai Raja Inggris pada Sabtu (10/9/2022) di Istana St James. Istana paling tua milik kerajaan Inggris.

Boleh dibilang Istana Buckingham lebih sering disebut saat membicarakan kerajaan Inggris. Istana Buckingham merupakan kediaman resmi Ratu Elizabeth II semasa hidupnya. Tetapi, istana yang berada di London itu menjadi kediaman resmi para penguasa Inggris sejak 1837.

Rupanya, ada satu istana yang dinilai lebih penting ketimbang Istana Buckingham. Yakni, Istana St James.

Istana itu menjadi sorotan saat ini setelah menjadi tempat penetapan Charles sebagai raja Inggris oleh Dewan Aksesi.

Merujuk MyLondonnews, Istana St James disebut sebagai istana paling tua milik Kerajaan Inggris. Dengan dominasi batu bata merah, istana itu juga dijuluki istana bata merah. Istana itu sudah ada sejak zaman Raja Henry VIII.

Ratu Elizabeth memang tidak pernah menyebutnya rumah, tetapi istana ini adalah tempat pertemuan seremonial Dewan Aksesi, kantor Marsekal Korps Diplomatik, dan kediaman dari beberapa anggota kecil keluarga kerajaan.

Dibangun atas perintah Henry VIII pada tahun 1530-an di bekas sebuah rumah sakit penderita kusta yang didedikasikan untuk Saint James the Less, istana ini menempati urutan kedua setelah Istana Whitehall bagi sebagian besar raja Tudor dan Stuart. Istana ini semakin penting selama pemerintahan raja Hanoverian awal, tetapi digantikan oleh Istana Buckingham pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.

Setelah beberapa dekade istana ini hanya digunakan untuk acara-acara resmi. Langkah tersebut diresmikan oleh Ratu Victoria pada tahun 1837.

Saat ini istana tersebut menampung sejumlah kantor resmi, perkumpulan dan koleksi, dan semua duta besar dan komisaris tinggi untuk Inggris masih terakreditasi untuk Pengadilan St James. Kapel Kerajaan istana masih digunakan untuk fungsi keluarga kerajaan Inggris

Situs web kerajaan menjelaskan bahwa itu adalah "kediaman Raja dan Ratu Inggris selama lebih dari 300 tahun hingga masa pemerintahan Ratu Victoria". Situs ini juga menyentuh pentingnya rumah karena di sanalah "aksesi Penguasa baru" terjadi.

Ratu Elizabeth tidak pernah tinggal di Istana St James karena dia membangun rumah keluarga di Clarence House sebelum kematian ayahnya pada tahun 1952. Diperkirakan bahwa penghuni istana saat ini adalah Putri Anne, Putri Alexandra, dan Putri Beatrice.

Selain penetapan Charles sebagai Raja Inggris hari ini, acara penting yang dilangsungkan di Istana St James adalah pernikahan Ratu Victoria dan Pangeran Albert serta penyatuan Raja George V dan Ratu Mary (saat itu Duke dan Duchess of York). Beberapa pembaptisan kerajaan juga telah dilakukan di istana, termasuk Pangeran George (23 Oktober 2013) dan adiknya Pangeran Louis (9 Juli 2018).



Simak Video "Proklamasi Resmi Raja Charles III di Depan Publik"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA