Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 24 Okt 2022 18:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ada Apa Antara Kambing dengan Kota Ankara?

Kambing Angora Ikonnya Kota Ankara
Foto: Patung Kambing Angora, ikonnya kota Ankara (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Ankara -

Ankara selama ini dikenal sebagai ibu kota negara Turki. Jika melancong ke sini, traveler akan melihat banyak patung kambing. Kira-kira, ada hubungan apa ya?

Jika menyebut nama Turki, maka kita akan lebih mengenal kota Istanbul, daripada Ankara. Padahal Ankara adalah ibu kota resmi dari negara Turki. Sementara Istanbul hanya berstatus sebagai pusat bisnis, sekaligus kota terbesar di Turki.

Ankara tak kalah menarik untuk dikunjungi dari Istanbul. Kota ini juga sarat sejarah, karena terpilih menjadi ibu kota pemerintah Turki sejak memerdekakan diri pada tahun 1923. Jauh sebelum itu, Ankara merupakan pusat peradaban berbagai suku bangsa dari Hitite, Persia, Galatia, Byzantium, Seljuk hingga Ottoman.

Sejarah panjang kota Ankara ternyata tidak bisa dilepaskan dari spesies Kambing yang dikenal sebagai Kambing Angora. Ya, spesies kambing dengan nama ilmiah Capra hircus ini adalah ikon dan simbolnya kota Ankara.

Jadi jangan heran jika traveler melihat ada banyak patung Kambing Angora di kota Ankara. Sejak beratus-ratus tahun silam, spesies ini menjadi saksi penting perkembangan kota Ankara.

"Ceritanya, dulu nenek moyang bangsa kami datang ke sini dengan petunjuk kambing Angora yang terus berjalan sampai ke kota ini," kisah Yevuz Sezen, pemandu wisata yang menemani detikTravel menjelajahi Ankara beberapa waktu lalu.

Kambing Angora Ikonnya Kota AnkaraKambing Angora Ikonnya Kota Ankara Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Kisah itu konon juga tercantum dalam Alkitab Perjanjian Lama. Abraham, bapak bangsa Yahudi dan Arab hijrah dari kota Ur di Turkestan bersama dengan rombongan ribuan ekor kambing Angora menuju ke Ankara.

Bahkan, Nabi Musa AS juga konon memanfaatkan Kambing Angora untuk diambil bulunya dan digunakan sebagai pakaian. Kambing Angora memang terkenal dengan bulunya woolnya yang halus dan disebut sebagai Mohair.

Kambing Angora Ikonnya Kota AnkaraKambing Angora Ikonnya Kota Ankara Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Tak heran jika Kambing Angora memegang peranan penting dalam sejarah kota Ankara sampai dijadikan simbol resmi kota itu. Di setiap sudut kota Ankara, kita pasti bisa melihat kambing unik ini.

Kambing Angora memiliki bulu tebal berwarna putih. Perawakannya cukup tinggi dan gagah. Tanduk pejantannya tidak menjulang ke atas, melainkan agak melengkung ke belakang.

Menjelang Hari Kemerdekaan Turki yang jatuh setiap 29 Oktober, patung kambing-kambing Angora yang jadi ikonnya Ankara biasanya akan dihias oleh para seniman dengan kreativitasnya untuk kemudian dipajang di seluruh penjuru kota.

Oh iya, selain kambing, Angora juga jadi penunjuk nama ras bagi spesies Kelinci dan Kucing. Jadi, ras kucing Angora dan Kelinci Angora memang asalnya dari Turki sini ya traveler!



Simak Video "Aksi Anggota Parlemen Turki Rusak Smartphone Pakai Palu"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA