Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 02 Des 2022 06:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Aneh Bin Ajaib, Inilah Bangunan Misterius di Dunia

bonauli
detikTravel
Gobeklitepe di Turki
Gobeklitepe di Turki (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Traveler seringkali menjelajah suatu tempat dengan bekal rasa penasaran. Berikut 7 bangunan misterius di dunia.

Bangunan misterius tak melulu soal mistis dan horor. Ada banyak penyebab dan alasan yang membuat bangunan tersebut disebut misterius.

Traveler yang penasaran tak perlu repot keluar uang menjelajahinya. Karena tak semua bangunan ini dibuka untuk umum.

Dirangkum dari situs resminya, inilah bangunan misterius dunia. Duduk manis dan bacalah artikel ini sampai habis.

1. Nazca Lines di Peru

Nazca LinesNazca Lines Foto: (iStock)

Peru punya banyak bangunan misterius, yang paling populer adalah Machu Picchu. Selain Machu Picchu, ada satu nama yang paling misterius yaitu Nazca Lines.

Nazca Lines merupakan bangunan berbentuk garis di gurun selatan Peru. Desain geometris ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dengan hipotesis fungsi astronomi ritual. Tapi sesungguhnya, peneliti masih tidak yakin apa fungsi bangunan ini.

Tak cuma garis-garis lurus, ada pula bentuk binatang seperti monyet, hiu dan kadal. Mereka tersebar di seluruh gurun!

Banyak teori yang mengatakan bahwa ada alien yang membutuhkan jalur pendaratan di bumi. Sekali lagi, tak ada yang tahu pasti.

2. Shark Mound di Bahama

Shark Mound di BahamaShark Mound di Bahama Foto: (Google Maps)

Bahamas juga punya bangunan misterius yang asal usulnya masih tidak diketahui, Shark Mound. Seperti namanya, gundukan batu ini terlihat biasa saja dari pandangan mata, tapi begitu dari udara mirip dengan hiu raksasa.

Shark Mound sendiri ditemukan pada tahun 1989 pada penerbangan di atas Pulau Bimini Timur. Shark Mound tepatnya berada di kawasan rawa bakau di tengah pulau.

Pada tahun 1990, beberapa ilmuwan dan peneliti untuk proyek GAEA melakukan tur orientasi ke sana. Berbekal foto udara dan peta, mereka menavigasi saluran titik terdekat dari gundukan itu.

Mereka memotong jalan melalui rawa bakau ke gundukan hiu tersebut. Ternyata panjang area gundukan batu itu sekitar 152 meter dengan tinggi batu 3 meter.

Yang bikin aneh lagi, peneliti menemukan satu gundukan persegi panjang dengan tonjolan di salah satu ujungnya yang terlihat seperti kail ikan. Di sebelahnya ada gundukan berbentuk kucing dengan mulut terbuka. Sementara di sekitarnya banyak gundukan berbentuk makhluk lain.

3. Hagar Qim di Malta

Hagar Qim di MaltaHagar Qim di Malta Foto: (Getty Images/iStockphoto/onepony)

Malta yang indah ternyata juga menyimpan bangunan misterius bernama Hagar Qim. Di bawa 'agar-eem', bangunan ini dibangun antara 3500 sebelum masehi dan 2900 sebelum masehi.

Dinyatakan sebagai kuil Megalitik Malta, Hagar Qim jadi salah satu situs keagamaan paling kuno di bumi. Bangunan ini terletak di pantai barat daya Malta yang menghadap ke Mediterania.

Batu terbesar dari kuil ini berukuran 7x3 meter dengan berat kira-kira lebih dari 20 ton. Bagian kuli dibuat berbaris dengan jam matahari yang biasa digunakan pada zaman dahulu.

Misteri terbesarnya ada apa sedikitnya bukti tentang populasi modern yang sanggup untuk membangunnya di pulau tersebut.

Halaman berikutnya >>> Pulau Paskah di Chile...

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gambar Raksasa Kuno Kembali Ditemukan di Peru"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA