Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 07 Jan 2023 13:57 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wisata Virtual ke Barcelona, Pengalaman Seru Sebelum Betulan ke Sana

Weka Kanaka
detikTravel
Tangkapan layar tur virtual Barcelona
Foto: Tangkapan layar tur virtual Barcelona
Jakarta -

Walaupun pandemi sudah mereda, wisata virtual ke luar negeri masih menarik. Ini dapat menambah pengalaman menjelajahi banyak negara.

Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jakarta bersama Wisata Kreatif Jakarta mengadakan virtual tour ke kota yang penuh dengan sejarah dan keindahan, yaitu Kota Barcelona, Spanyol.

Dalam virtual tour yang diselenggarakan pada Jumat (5/1/2023) kami dipandu oleh Erin Edward, mahasiswa M.B.A. yang sedang berkuliah di Barcelona, dirinya juga merupakan salah satu anggota aktif HPI.

Erin membawa kami untuk mengenal berbagai seluk beluk kultur masyarakat, transportasi publik, dan beberapa bangunan yang bersejarah di Barcelona. Virtual Tour ini menggunakan metode zoom dan Erin memandu kita dengan bercerita secara naratif.

Selain itu Virtual Tour ini sangat interaktif, banyak audiens yang tertarik tentang seluk beluk kota ini dan Erin berhasil menjelaskannya satu persatu.

Tempat dimulainya virtual tour kami yaitu di La Rambla, daerah yang Erin sebut sebagai tempat yang pasti didatangi bagi orang yang pertama kali datang ke Barcelona. Merupakan jalan panjang yang berisikan banyak toko-toko yang menyediakan souvenir, tempat belanja baju, dan juga makanan.

Walaupun saat ini sedang musim dingin, tetapi suasana Kota Barcelona tampak tetap cerah, langit biru hampir menyinari kota ini sepanjang musim. Hal tersebut karena salju jarang sekali turun di kota ini, untuk winter pun cuacanya cukup hangat seperti yang dijelaskan Erin.

"Cuaca 18 derajat di siang, kalau malam 4 derajat, padahal sekarang lagi winter. Kalau salju yang ada di Spanyol sih di Andorra aja," kata Erin saat memandu kami.

Suasana cukup sepi dan pertokoan sedang banyak tutup, hal tersebut karena Spanyol saat ini sedang libur. Ada sistem menarik juga yang ternyata di beberapa pertokoan di Barcelona kerap kali tutup di jam 2 - 4 sore, kemudian buka kembali di malam hari.

Kemudian kami dibawa keliling ke beberapa bangunan iconic di Barcelona, yaitu Casa Lleo i Morera, yang memiliki arsitektur unik dengan ornamen khasnya yaitu terdapat patung naga kecil.

Selanjutnya di destinasi kedua yaitu kita berkunjung ke Casa Museu Amatller. Bangunan ini semakin menjelaskan terkait seluk beluk mengapa ada arsitektur naga di bangunan sebelumnya.

Konon, dulu terdapat legenda di masyarakat terkait naga yang setiap harinya meminta seseorang dikorbankan untuk jadi persembahan. Hingga akhirnya ada seorang putri yang mendapatkan giliran untuk dijadikan persembahan. Namun terdapat seseorang yang akhirnya memberanikan diri untuk melawan sang naga tersebut.

Di Casa Museu Amatller selain menyuguhkan sejarah asal usul bangunan ini terbentuk, kamu pun dapat menikmati arsitektur yang menawan di bangunan ini sembari menikmati coklat. Karena tempat ini pun menjadi tempat autentik untuk wisatawan membeli coklat terbaik di Barcelona.

Selanjutnya kita dibawa ke Casa Battlo, yaitu bangunan yang sangat unik yang diciptakan oleh seorang arsitek kenamaan Spanyol, Antoni Gaudi. Bangunannya nampak seperti menunjukkan tulang kerangka, dan juga terdapat beberapa balkon berbentuk tengkorak.

Bangunan ini pun masih terhubung dengan bangunan sebelumnya, yaitu arsitektur berbentuk kerangka dan tengkorak menggambarkan kisah naga. Ditambah terdapat beberapa mosaik di dalam gedung tersebut yang menggambarkan kulit naga.

Di tujuan selanjutnya, kami berkunjung ke Casa Mila/La Pedrera. Bangunan ini dari jauh nampak seperti batu besar, sehingga banyak masyarakat lokal yang sebenarnya memprotes bangunan ini. Tetapi, setelah didekati, bangunan ini nampak makin cantik dengan khasnya sendiri, yaitu bangunan dengan mengusung tema bawah laut.

Kemudian destinasi terakhir kami di hari ini adalah melihat Sagrada Familia, yaitu Gereja Katolik Roma sekaligus menjadi bangunan tertinggi di Barcelona. Adapun bangunan ini juga merupakan rancangan Antoni Gaudi, namun hingga saat ini belum selesai dalam proses pembangunan.

Walau belum selesai dibangun, Sagrada Familia tetap mampu memancarkan keindahan dan kemegahanya. Mulai dari bangunannya yang tinggi, tapi tanpa melewatkan detail yang berharga, sungguh bangunan dan kota yang sangat indah.

Selain itu, pengalaman berwisata secara virtual bersama HPI Jakarta dan Wisata Kreatif Jakarta kali ini sangat menyenangkan. Tak hanya pemandunya yang memandu kami dengan baik, tetapi panitia dan peserta pun juga sangat interaktif.

Ditambah terdapat pula giveaway dan quiz menarik dengan hadiah saldo e-wallet pun makin membuat kegiatan ini jadi makin seru.



Simak Video "Memphis Depay Sudah Berseragam Atletico Madrid"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA