DetikTravel

Mau Liburan ke Semarang, Siapkan 6 Hal Ini

Bona - detikTravel - Senin, 16/01/2017 08:20 WIB
Jakarta - Semarang kini jadi salah satu kota yang patut disambangi ketika berada di Jawa Tengah. Sebelum liburan ke ibukota Jateng ini, ada yang perlu diperhatikan.

Liburan akan maksimal kalau diperlengkapi dengan rencana yang matang. Jalan-jalan ke Semarang pun akan lebih seru kalau traveler sudah punya segudang informasi.

Dikumpulkan oleh detikTravel, Senin (16/1/2017), ini dia yang musti traveler siapkan jika pergi liburan ke Semarang:

1. Informasi cuaca

Semarang memang terkenal dengan cuaca panas. Walaupun tidak seekstrem Surabaya, cukup untuk membuat kulit traveler menjadi lebih gelap.

Namun tak selalu panas, daerah ini juga sering hujan secara tiba-tiba lho. Jadi saat traveler ke sini, pastikan sudah mencari informasi tentang cuaca di Semarang ya.

Sehingga, kunjungan ke tempat wisata tidak perlu ditunda atau dibatalkan. Kalau hujan, cari saja destinasi indoor jadi kamu tidak kehujanan.

2. Perlengkapan

Liburan di Semarang kurang maksimal kalau tanpa perlengkapan berupa topi, kacamata atau sunblock. Ini menjadi pertahanan traveler supaya jalan-jalan tetap aman.

Bukan hanya aman dan nyaman, saat liburan perlengkapan ini juga jadi senjata supaya tetap gaya. Saat menemukan spot instagenic, traveler hanya tinggal berpose. Cekrek!

3. Info tempat wisata

Ini sangat penting. Beberapa tempat di Semarang memang sudah terkenal sebagai tempat wisata. Namun ternyata Semarang punya tempat wisata baru yang belum populer.

Meskipun baru, namun kawasan itu berpotensi sebagai destinasi wajib di masa depan atau pun memang jadi wisata tersembunyi. Contohnya ada Brown Canyon, Kalikuning, Hutan Mangrove, dan lain sebagainya.

Sebelum menyesal karena kurang info, yuk cari tahu dulu tentang Semarang sebelum berlibur ke sana. Banyak baca artikel detikTravel, kami punya banyak info destinasi soal Semarang.

4. Wisata kuliner

Kalo traveling, nggak akan lengkap tanpa kulineran. Beberapa tempat seperti Semawis Pecinan menjadi tempat kulineran yang wajib traveler datangi di akhir pekan.

Uniknya Semarang adalah wisata kulinernya justru paling enak di pinggir jalan. Bukan berarti restoran-restoran di Semarang nggak enak lho.

Tapi memang kebanyakan dari wisata kuliner hitsnya ada di pinggir jalan. Biasanya berupa warung tenda atau angkringan. Ini akan terlihat dari antrean pengunjung di warung makan tersebut.

Selain mudah diakses traveler juga akan dapat harga yang murah. Enak dan ekonomis!

5. Kendaraan

Semarang tidak seperti Jakarta yang hidup 24 jam. Angkutan umum akan mulai stop beroperasi pada pukul 20.00 atau 21.00 WIB malam.

Traveler yang mau coba jalan-jalan malam disarankan untuk menyewa kendaraan melalui rental. Tak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau.

Traveler bisa menyewa mobil sejenis Avanza atau Xenia dengan harga mulai dari Rp 250.000 per hari.

6. Oleh-oleh

Namanya jalan-jalan pasti tak jauh dari buah tangan. Semarang sendiri, punya pusat oleh-oleh yang berada di Jl Pandanaran.

Buat traveler yang mau oleh-oleh lebih bisa cari ke daerah lain. Seperti Ungaran yang terkenal dengan Tahu Baxo-nya.

Selamat liburan! (aff/aff)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com