Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Feb 2013 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

5 Kegiatan Seru Saat Solo Traveling

Afif Farhan
detikTravel
Dok. Thinkstock
Jakarta - Jangan pernah takut untuk traveling sendirian. Sebab, beragam kegiatan asyik dapat Anda lakukan saat solo traveling. Anda punya banyak waktu untuk berfoto atau belanja suvenir. Inilah beragam kegiatan seru lainnya!

Ada satu keuntungan saat Anda traveling sendirian. Anda dapat bebas mengatur waktu perjalanan dan berlama-lama di suatu destinasi. Selain itu, banyak kegiatan seru yang menanti. Anda bisa berbelanja barang-barang unik, ikut berbaur lebih dekat dengan masyarakat sekitar, atau berjalan kaki untuk mencari kuliner murah.

detikTravel berkesempatan mewawancarai tiga solo traveler, Rabu (27/2/2012). Mereka adalah Asma Nadia yang merupakan penulis, Marischka Prudence yang pernah menjadi host acara traveling di salah satu tv swasta, dan Rani Wardiani yang merupakan mahasiswa di salah satu universitas negeri di Depok. Mereka masing-masing mempunyai kegiatan seru saat traveling sendirian. Beberapa kegiatan mereka, bisa menjadi panduan Anda!

Berikut, 5 kegiatan seru yang bisa Anda lakukan saat solo traveling:

1. Foto-foto

Bagi Anda yang gemar membaca novel, cerpen, atau buku-buku traveling, pasti kenal dengan Asma Nadia. Wanita cantik berjibab ini pun terkenal sebagai solo traveler. Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan dan seru saat traveling sendirian adalah foto-foto.

"Foto-foto di suatu destinasi adalah kegiatan yang seru," ungkap Asma Nadia.

Asyiknya lagi, Anda punya banyak waktu untuk memotret kecantikan suatu destinasi. Anda juga tidak usah buru-buru berpindah tempat, karena rayuan teman untuk melanjutkan perjalanan. Nikmati setiap momennya dan dapatkan angle terbaik. Selain itu, cobalah memotret suatu destinasi saat malam hari.

"Cari spot bagus untuk memotret pemandangan di malam hari," kata Asma Nadia.

2. Cari suvenir unik

Tak lengkap rasanya, jika tidak membawa suvenir cantik sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat. Meski Anda traveling sendirian, sisihkanlah waktu untuk berburu oleh-oleh. Eits, tapi cari yang unik ya!

"Bisa hunting suvenir unik seperti bola kaca salju, kaus lucu, atau bros, tapi jangan yang pasaran ya," kata Asma Nadia.

Beberapa destinasi punya suvenir unik dan khas. Di Yogya misalnya, Anda bisa berburu miniatur Candi Prambanan atau candi Borobudur. Kalau solo traveling ke Papua, Anda pun bisa berburu koteka atau noken sebagai oleh-oleh yang khas.

Jika traveling ke luar negeri, jangan lupa beli oleh-oleh berupa bola kaca salju yang di dalamnya ada landmark terkenal, seperti Menara Eifel atau Menara Pisa. Bros-bros cantik pun bisa dijadikan oleh-oleh. Tidak melulu gantungan kunci bukan?

3. Mengirim kartu pos

Anda tentu punya banyak waktu saat traveling sendirian. Nah, satu kegiatan seru yang jarang dilakukan traveler adalah mengirim kartu pos dari destinasi traveling Anda. Mau coba?

"Mengirim postcard dan perangko unik untuk teman dan keluarga dari tempat kita traveling, itu salah satu kegiatan seru juga," ujar Asma Nadia.

Dijamin, keluarga atau teman yang menerima kartu pos Anda akan kegirangan. Tiap kartu pos di berbagai negara pun berbeda-beda gambarnya, biasanya bergambar landmark atau suatu destinasi yang terkenal di tempat tersebut. Anda juga tidak perlu menulis kata-kata resmi di kartu pos tersebut. Bisa saja Anda menulis kata-kata mutiara atau banyolan kepada orang yang dituju, untuk lucu-lucuan!

4. Ikut dalam festival adat

Solo traveling adalah waktu yang tepat untuk bertualang sambil berinteraksi dengan masyarakat setempat lebih dekat. Tak usah malu dan ragu, Anda bisa berkenalan dengan orang banyak dan mempelajari kebudayaan-kebudayaan di destinasi tujuan. Hal ini seperti diutarakan traveler cantik, Marischka Prudence.

"Aku kalau ada acara-acara festival atau adat suka ikutan, penduduk lokal itu senang lho kalau kita ikut-ikutan," tutur Marischka.

Marischka pun menambahkan, berinteraksi dengan penduduk lokal adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. "Jangan cuma nonton saja, tapi juga bisa ikut nari atau makan bareng mereka," ujarnya.

Tips penting dari Marischka saat solo traveling adalah jangan pernah berhenti mencoba. Anda harus mencoba segala hal, dari budaya sampai adat istiadat di destinasi sebagai pengalaman yang berharga.

"Kalo udah nyoba bisa jadi pengalaman, terus bisa cerita ke teman-teman juga. Jangan lupa berfoto ya, sebagai bukti," celoteh Marischka sambil tertawa.

5. Jalan kaki

Siapa sangka, rupanya jalan kaki adalah kegiatan seru saat solo traveling. Sebabnya, Anda akan menemukan pemandangan-pemandangan cantik, toko-toko suvenir, dan kuliner-kuliner khas yang berada di pinggir jalan. Tidak harus melulu naik bus dan biaya perjalanan pun makin irit.

Rani Wardiani, solo traveler yang kuliah di universitas negeri di Depok, mengungkapkan kalau jalan kaki adalah kegiatan yang menyenangkan. Dirinya pernah traveling sendirian ke Thailand saat bulan Juli tahun lalu dan menemukan banyak hal menarik saat berjalan kaki di Bangkok.

"Kalau di Bangkok, jalan kaki itu seru banget. Kita bisa menemukan banyak makanan yang harganya murah di pinggir jalan," ungkap Rani

Jalan kaki pun menjadi modal wisata kuliner bagi Rani. Saat di Bangkok, Rani menemukan banyak makanan yang enak-enak dan juga murah di pinggiran jalan. "Ada tuh sosis yang ukurannya besar banget kaya sosis di Rumah Sosis Bandung. Harganya juga murah, sekitar 10 Bath atau Rp 3 ribu saja," ungkapnya.

Tak perlu takut lelah, waktu pun seolah tidak terasa saat Anda menjelajahi suatu destinasi dengan berjalan kaki. Selain makanan, siap-siap untuk berbelanja di toko-toko suvenir sepanjang jalan.

"Memang capek sih, tapi have fun aja kok, kan lagi traveling," celetuk Rani.


(shf/shf)
BERITA TERKAIT