Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Jan 2014 07:14 WIB

TRAVEL NEWS

Bangunan Seram, Malah Bikin Wisatawan Penasaran!

Lawang Sewu, bangunan yang dianggap seram (Fitraya/detikTravel)
Jakarta - Daya tarik sebuah destinasi untuk wisatawan, terkadang bukan karena tempat itu indah atau bagus. Bangunan seram justru malah membuat wisatawan penasaran. Tapi jangan salah, seram bukan berarti hantu, lho.

Bangunan seram sering diidentikan dengan tua, kusam dan terbengkalai. Hal itu sering melekat pada objek wisata sejarah di suatu kota. Objek wisata itu mulai dari benteng, kantor pemerintahan, bekas penjara atau rumah sakit, sampai kastil dan istana.

Saat wisatawan berkunjung kesana, ada saja selentingan cerita yang kita dengan dari pemandu wisata atau bisik-bisik turis lain. Nah, hal inilah yang malah menjadi bumbu serunya menjelajah tempat-tempat semacam itu.

Travel Highlight Bangunan Seram akan menyoroti berbagai destinasi berupa bangunan-bangunan, dan beberapa sangat populer, namun juga sekaligus terkesan seram. Seputaran Kota Tua misalnya, banyak bangunan bersejarah namun juga diselimuti mistis, seperti yang diungkapkan Parapsycholog sekaligus presenter 'Masih Dunia Lain' Trans7, Citra Prima.

Objek wisata sejarah lain seperti aneka kastil di Eropa, bahkan hotel-hotel tua di dunia punya kisah tersembunyi yang membuat wisatawan penasaran dan deg-degan. Beberapa bangunan seram malah begitu terkenal di kalangan wisatawan seperti Penjara Alcatraz dengan kisah kelamnya.

Kalau bukan bangunannya yang seram, berarti isi bangunannya yang bikin jantung pengunjung kembang kempis. Beberapa objek wisata museum di dunia punya koleksi yang memang sangat menyeramkan.

Hal yang sebaliknya juga terjadi. Destinasi wisata sejarah yang terkenal horor yaitu Lawang Sewu di Semarang, kini berusaha mengubah citra seramnya. Gedung ini kini cantik dan ramai serta layak dapat apresiasi dari wisatawan.

Tapi bangunan seram bukan hanya karena kisah-kisah mistis dan kuno yang menyelimutinya. Bangunan-bangunan baru, kinclong dan berarsitektur modern juga menjadi bangunan seram yang disuka oleh wisatawan. Hal ini karena kecanggihan teknologi yang dengan sengaja membuat fitur-fitur bangunan yang menantang nyali wisatawan.

Yang belakangan banyak dibangun untuk wisatawan adalah viewing platform, bangunan berupa dek observasi untuk mengamati pemandangan. Ada yang dibangun di pinggir jurang, digantung di tempat tinggi, atau dengan lantai kaca yang membuat jantung mau copot.

Sejumlah kolam renang keren di dunia pun dibangun dengan gaya yang seram. Berenang sambil menantang adrenalin, kenapa tidak? Bicara soal adrenalin, mungkin ini justru yang penting...

Kenyataannya, banyak wisatawan mencari hal-hal yang seru di saat liburan, mencoba keberanian atas sesuatu hal yang tidak mereka dapatkan di rumah. Datang ke bangunan seram, menjadi salah satu cara untuk membumbui liburan agar makin seru. Tapi ingat, keselamatan tetap nomor satu!

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA