Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Agu 2015 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Pariwisata Belitung Naik 1.800% Karena Film Laskar Pelangi

SD Laskar Pelangi di Belitung (Sastri/detikTravel)
Jakarta - Pulau Belitung memang semakin populer setelah kemunculan novel dan film Laskar Pelangi. Film itu pun disebut-sebut bisa meningkatkan sektor pariwisata Belitung hingga lebih dari 1.800%.

"Pariwisata kita ini (Belitung-red) sudah nggak level lokal. Saya katakan 1.800% peningkatan pariwisata karena film Laskar Pelangi. Sesuatu yang diupayakan pemerintah berpuluh-puluh tahun, tapi kemudian disupport oleh film akhirnya menemukan momentumnya," ujar Andrea Hirata, penulis Novel Laskar Pelangi dalam acara Jumpa Pers Festival Laskar Pelangi di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Andrea mengatakan bahwa seni dan budaya yang ditonjolkan memang bisa mengangkat pariwisata suatu daerah. Belitung pun menjadi salah satu contoh daerah yang sukses dalam hal wisata sastra.

"Salah satu permodelan dari literary tourism paling sukses di Belitung. Dan ingat, di dunia ini hanya dua model seperti itu. Satunya Hannibal, karena itu kelahiran dari Mark Twain," tutur novelis itu.

Selain itu, Belitung juga punya dua keunikan terkait pariwisatanya. Masing-masing keunikan tersebut bisa ditemukan di bagian barat dan timut Bumi Laskar Pelangi ini.

"Di sebelah barat Anda akan menemukan traditional tourism, landscape tourism, view tourism. Hiburan untuk mata Anda. Datang ke timur pantainya tidak seindah di barat, Anda akan mendapatkan cultural tourism, educational tourism dengan konsep Laskar Pelangi. Hiburan untuk hati nurani," jelasnya.

(krn/Aditya Fajar Indrawan)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA