Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Mar 2016 13:55 WIB

TRAVEL NEWS

Sawahlunto Optimistis Kejar Penghargaan UNESCO Tahun 2016

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Walikota Sawahlunto Ali Yusuf (Reno Hastukrisnapati/detikTravel)
Walikota Sawahlunto Ali Yusuf (Reno Hastukrisnapati/detikTravel)
Jakarta - Pesona Sawahlunto sebagai kota tua warisan kolonial sudah diakui wisatawan. Kini, Sawahlunto percaya diri menatap gelar World Heritage UNESCO tahun 2016.

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan upaya menjadi cagar budaya dunia adalah perjuangan panjang selama bertahun-tahun. Sawahlunto sudah diakui secara nasional sebagai kota pusaka, kini saatnya membidik pengakuan dunia.

"Kita ingin menembus warisan dunia UNESCO. Oleh karena itu butuh kerja keras lintas sektor. 30 Septermber 2016, semua berkas rencananya sudah sampai di Paris," kata Alu dalam obrolan dengan detikTravel di kantor detikcom, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Sawahlunto pernah menjadi kota tambang batubara yang jaya di masa kolonial abad ke-19. Sawahlunto pernah menjadi kota paling maju karena punya listrik dan kereta api, serta multi etnis dari berbagai buruh tambang yang didatangkan Belanda.

Semua itu kini meninggalkan banyak warisan bangunan dan infrastruktur kolonial yang menjadi destinasi wisata. Turis datang ke Museum Gudang Ransum, Lubang Tambang Mbah Soero, Museum Tambang Batubara dan lain-lain.

"Pada 2015, kita punya 783 ribu kunjungan wisatawan. Termasuk di dalamnya ada 1.562 wisatawan mancanegara. Ada banyak turis Belanda ingin mencari jejak kakek neneknya dulu di kota ini," kata Ali.

Oleh karena itu menurut Ali, Sawahlunto serius ingin mengembangkan pariwisatanya. Saat ini ada 80 bangunan cagar budaya yang diurus pemkot dan BUMN PT Bukit Asam. Pengakuan World Heritage dari UNESCO akan menjadi cita-cita yang dikejar mereka.

"Saya confident. Batubara habis, kita angkat peninggalan kolonial jadi cagar budaya," tutupnya. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Melihat Liburannya 'Superman'

Selasa, 21 Nov 2017 23:44 WIB

Henry Cavill, pemeran Superman ternyata suka traveling. Di sela kesibukannya main film, dia menyempatkan berkunjung ke beberapa negara. Begini gayanya.