Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jun 2016 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Curi Air Panas Yellowstone, Turis China Didenda Rp 13 Juta!

Salah satu sumber mata air panas di Taman Nasional Yellowstone (Jim Urquhart/Reuters)
Cheyenne - Ada saja ulah turis nakal saat liburan ke tempat wisata. Seorang turis asal China kedapatan mencuri air panas di Taman Nasional Yellowstone, AS. Akibatnya, dia didenda Rp 13 Juta!

Sudah banyak cerita tentang kelakuan negatif turis China di tempat wisata. Kali ini, cerita datang dari Taman Nasional Yellowstone di AS. Kawasan taman nasional yang berada di negara bagian Wyoming ini memang terkenal akan pemandangan yang keren dan sumber mata air panasnya yang memukau.

Namun bukannya mengagumi keindahan alam, seorang turis China yang tidak disebutkan identitasnya, malah melakukan pelanggaran hukum yang cukup serius. Dia tertangkap tangan sedang mengambil air mata panas Yellowstone untuk dibawa pulang.

Kasus ini pun diberitakan oleh beberapa media di AS dan media internasional lainnya. Dihimpun detikTravel, Jumat (17/6/2016), kepada Ranger alias Polisi Hutan yang bertugas, turis tersebut mengaku mengambil air panas Yellowstone untuk tujuan medis. Dia percaya air panas tersebut mampu membawa kesembuhan.

Awalnya aksi traveler ini tidak diketahui Ranger yang bertugas. Namun saksi mata yang melihat, melaporkan kelakuan turis China itu yang menerobos bebatuan rapuh di sekitar Sumber Air Panas Mammoth, Taman Nasional Yellowstone, lalu mengambil airnya.

Bahkan, saksi mata tersebut berhasil mendokumentasikan aksi turis China saat mengambil air, sebagai barang bukti. Foto itulah yang menjadi dasar Polisi Hutan untuk menangkap turis nakal tersebut. Atas ulahnya, turis ini diganjar denda sebesar USD$ 1.000 (setara Rp 13 Juta).

Padahal sudah jelas di kawasan konservasi seperti Taman Nasional Yellowstone, wisatawan yang datang dilarang mengambil apapun, kecuali foto. Apalagi mengambil air panas yang berasal dari mata air geyser yang sudah jelas sangat berbahaya.

Turis itu berdalih, dia tidak membaca tanda larangan yang sudah terpampang di sana. Kejadian ini membuat pihak Taman Nasional Yellowstone harus lebih waspada lagi dan meningkatkan pengawasan terhadap setiap pengunjung yang datang.

Sudah pernah ada beberapa kali kejadian turis yang tercebur ke sumber mata air panas dan jasadnya tidak bisa diambil lagi. Jangan sampai meniru ulah negatif turis satu ini ya traveler!

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA