Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Jul 2016 11:20 WIB

TRAVEL NEWS

Pesan Menteri Pariwisata: Bersihkan Bunaken!

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Potret bawah laut Bunaken yang jangan sampai tak sedap dipandang gara-gara sampah (Thinkstock)
Jakarta - Menteri Pariwisata Arief Yahya terlihat geram. Saat dirinya berpesan kepada Gubernur Sulawesi Utara agar membersihkan sampah dan toilet di Bunaken.

Bunaken merupakan salah satu destinasi wisata selam yang populer di Indonesia, yang berada di Sulawesi Utara dekat dengan Kota Manado. Dunia bawah lautnya diberkahi terumbu karang dan biota-biota yang cantik.

Namun kenyataanya, kecantikan Bunaken sudah tercemar. Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Launching Festival Pesona Sangihe 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2016) malam.

"Pak gubernur, bersihkan Bunaken. Jangan sampai turis yang datang ke sana kecewa, toiletnya juga dijaga," tegasnya.

Menurut Arief, sampah dan toilet merupakan masalah utama di Bunaken. Itu didapatinya dari laporan turis-turis China yang melancong ke Bunaken. Asal tahu saja, bulan Juni 2016 kemarin terdapat 37 penerbangan carter ke Manado dari China. Tak sedikit, turisnya yang mampir ke Bunaken.

"Pantainya tidak bersih dan toiletnya tidak bersih. Turis juga susah menemukan toilet," kata Arief.

Padahal, kebersihan tempat wisata dan toilet merupakan salah satu faktor penting agar membuat turis nyaman. Maka jangan sampai, gara-gara banyak sampah dan toilet yang jorok, membuat suatu citra destinasi yang tadinya sudah cantik menjadi buruk di mata turis.

"Saya minta jaga kebersihan dan toilet. Kalau gubernur dan bupatinya mau, pasti bisa bersih. Tanggal 29 besok saya mau ke sana, ada rencana juga untuk pengadaan toilet bersih. Potensi alam di Bunaken itu sangat tinggi," pungkasnya. (aff/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA