Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Des 2016 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Om Telolet Om! Bus Double Decker Jakarta-Wonogiri Resmi Meluncur

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Bus Tingkat AKAP pertama Jakarta-Wonogiri resmi diluncurkan (dok PT Putra Mulya Sejahtera)
Wonogiri - Untuk pertama kalinya, bus tingkat (double decker) AKAP Jakarta-Wonogiri resmi beroperasi. Bus ini akan makin membuat traveler nyaman liburan dari dan ke Wonogiri.

Bus double decker, alias bus tingkat yang baru saja diluncurkan ini adalah milik PT Putera Mulya Sejahtera (PUMA'S). Bus tingkat ini akan jadi bus tingkat pertama yang melayani rute Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jarak jauh, yaitu dari Jakarta-Solo-Wonogiri, dan juga sebaliknya.

Dilihat detikTravel dari akun Facebook resmi PT Mulya Sejahtera, acara launching perdana bus tingkat ini dilakukan di Terminal Ngadirojo, Wonogiri pada hari ini, Kamis (22/12/2016). Kehadiran bus tingkat ini tentu saja disambut dengan antusias oleh traveler yang berasal dari Wonogiri.

"Masyarakat Wonogiri dari dulu banyak yang merantau sehingga mobilitas masyarakatnya sangat tinggi. Dari mobilitas yang tinggi itulah masyarakat Wonogiri semakin pintar sehingga mereka memerlukan kondisi bus yang nyaman. Hal ini yang menjadi landasan diluncurkannya double decker Putera Mulya Sejahtera yang memberikan kenyamanan di kelas super eksekutif," ujar Soegiyono, Direksi PT Putra Mulya Sejahtera di laman Facebook resmi mereka.
Suasana peluncuran bus Double Decker Scania di Wonogiri (Facebook/PT Putra Mulya Sejahtera)Foto: Suasana peluncuran bus Double Decker Scania di Wonogiri (Facebook/PT Putra Mulya Sejahtera)


Untuk spesifikasinya sendiri, bus tingkat ini memiliki jumlah kursi penumpang sebanyak 38 buah di bagian lantai atasnya. Lantai atas bus ini disebut sebagai First Class Executive. Sementara di lantai bawah, terdiri dari 6 kursi penumpang dengan sebutan kelas Super Executive.

Dari segi fasilitas, untuk kelas Eksekutif di lantai 2 bus, ada water dispenser, reclining seat yang nyaman, hingga smoking room di bagian belakang. Sementara di lantai bawah untuk kelas super eksekutif, ada coffee maker hingga electric adjustable seat, jadi traveler bisa mengatur kenyamanan kursi dengan otomatis.

Untuk fasilitas umumnya ada toilet, AC, makan prasmanan, hingga snack. Untuk perangkat hiburan, traveler bisa menikmatinya lewat LCD Passenger on seat, tepat di depan kursi Anda, sama seperti perangkat hiburan di pesawat. Dari layar LCD ini traveler bisa menyaksikan hiburan baik audio dan video.
Interior bus Double Decker PT Pumas (dok PT Putra Mulya Sejahtera)Foto: Interior bus Double Decker PT Pumas (dok PT Putra Mulya Sejahtera)

Bus double decker PT Putra Mulya Sejahtera ini menggunakan bus pabrikan dari Swedia, yaitu Scania K4101B. Bus ini tentu saja mengutamakan kenyamanan serta kecepatan. Kabarnya, bus ini bisa melaju secara konstan dalam kecepatan 100 Km per jam.

Untuk harga tiketnya, Kelas Eksekutif yang ada di lantai 2 dibanderol seharga Rp 225 ribu. Sementara untuk kelas Super Eksekutif di bagian bawah, harga tiketnya dibanderol sebesar Rp 325 ribu. Tiket ini bisa dipesan di agen-agen bus PT Putra Mulya Sejahtera yang terdekat.

Dengan adanya bus tingkat baru ini, diharapkan bisa membantu memajukan sektor pariwisata di Wonogiri. Sehingga traveler yang akan berwisata ke Wonogiri, atau daerah lainnya di Jawa Tengah jadi punya banyak pilihan yang nyaman untuk bepergian. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA