Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Jan 2017 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Lewat Coldplay, Tari Topeng Indonesia Makin Mendunia

Muhammad Aminudin
detikTravel
Foto: (Coldplay/Facebook)
Malang - Dalam proyek film band Coldplay yang berjudul Amazing Day, turut ditampilkan tari topeng dari Indonesia. Pemerintah Kabupaten Malang pun sangat bangga.

Coldplay, grup band papan atas dunia diawaki Chris Martim, Jonny Buckland, Guy Berryman dan Will Champion, iyi merilis proyek film terbaru dari single Amazing Day dalam album A Head Full of Dreams. Videonya sudah diposting pada laman resmi Facebook mereka.

Dalam video berdurasi 4:33 detik, Tarian Topeng Malang diambil dari postingan penggemar yang diminta Coldplay, dan mengunggahnya dalam di akun Instagram dengan menyertakan lokasi serta #ColdplayAmazingDay.

"Tentunya kami turut berbangga tari topeng semakian mendunia. Dari yang belum mengetahui, kini jadi tahu," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Made Aryha Wedhantara kepada detikTravel, Senin (9/1/2017).

Tari Topeng yang terlihat dalam video klipnya (Coldplay/Facebook)Tarian Topeng Malang yang terlihat dalam video klipnya (Coldplay/Facebook)
Made tidak mengetahui siapa pengunggah dari video tari topeng malangan dengan hashtag Amazing Day. Tetapi, pihaknya sangat berterima kasih. Dengan jalan itu Tari Topeng semakin dikenal sebagai bagian kebudayaan Kabupaten Malang.

"Tahun ini, kita akan mendirikan kampung topeng malangan, di kawasan tempat tinggal sang maestro Mbah Karimun. Tari Topeng menjadi bagian ikon pariwisata Kabupaten Malang," terangnya.

Tari Topeng merupakan karya Mbah Karimun asal Dusun Kedungmonggo, Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Padepokan Asmoro Bangun turut berdiri di sana, terletak sekitar 11 kilometer arah selatan dari pusat Kota Malang.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya tiba-tiba mengucapkan terima kasih kepada Coldplay atas disertakan unggahan cuplikan video Tari Topeng dan Saman asal Aceh dalam proyek film Amazing Day. Luar biasa!

BACA JUGA: Menteri Pariwisata: Terima Kasih Coldplay (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA