Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Jan 2017 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Malam Jakarta yang Beda, Menelusuri Urban Legend

Rombongan traveler yang mengikuti acara Jakarta Urban Legend (dok Indonesia Heritage Trails)
Rombongan traveler yang mengikuti acara Jakarta Urban Legend (dok Indonesia Heritage Trails)

FOKUS BERITA

Wisata Malam
Jakarta - Jakarta dikenal sebagai kota yang gemerlap dan tidak pernah tidur. Namun jangan salah, Jakarta juga punya wisata malam menelusuri urban legend. Penasaran?

Seperti yang diketahui, Jakarta punya banyak sekali bangunan bersejarah yang kaya akan legenda yang terus disampaikan secara turun temurun. Istilahnya, ada banyak cerita tentang Jakarta yang mungkin belum banyak diketahui oleh traveler.

Berangkat dari hal tersebut, komunitas pecinta sejarah Indonesia Heritage Trails yang berangkat dari Komunitas Historia menciptakan sebuah paket wisata malam bertajuk Jakarta Urban Legend.

Sesuai namanya, paket wisata malam tersebut menawarkan tur keliling sejumlah bangunan bersejarah Jakarta di malam hari. Lengkap dengan urban legend yang melingkupi sejumlah bangunan yang ada di Jakarta.

Menelusuri Museum Taman Prasasti di malam hari (dok Indonesia Heritage Trails)Menelusuri Museum Taman Prasasti di malam hari (dok Indonesia Heritage Trails)
Untuk mengenal wisata malam Jakarta Urban Legend lebih jauh, detikTravel pun mewawancarai pendiri Indonesia Heritage Trails yang juga merupakan pendiri dari komunitas Historia, Asep Kambali via telepon pada Rabu malam (19/1/2017).

"Jadi gini, hampir di kota-kota besar di dunia ada cerita urban legend kan, ada gedungnya, saya mencoba mengangkat Jakartanya nih. Jakarta sendiri sebagai kota urban pasti punya legenda yang sejak zaman Belanda terjadi, bahkan legenda itu jadi cerita turun temurun. Itu kita ingin ungkap dan sajikan ke masyarakat," terang Asep.

Untuk paket wisata Jakarta Urban Legend, Asep mengaku telah melakukannya sejak tahun 2005 silam. Saat itu, Asep bahkan sampai membuat acara menginap di museum.

"Jakarta Urban Legend sebenarnya sudah kita gelar sejak 2005, tapi nama Jakarta Urban Legend ini baru di 2008-2009, kita pakai karena waktu itu ada program Night at Museum, jadi kita padukan dengan menginap di museum," kenang Asep.

Acara Night at Museum (dok Indonesia Heritage Trails)Acara Night at Museum (dok Indonesia Heritage Trails)
Faktanya, tak sedikit bangunan di Jakarta yang begitu kaya akan urban legend. Contohnya seperti di daerah Kota Tua hingga Pelabuhan Sunda Kelapa. Bahkan, tak sedikit yang mengisahkan tentang penampakan hantu. Hii!

"Kalau destinasinya sendiri untuk urban legend Jakarta itu hampir di beberapa titik di Jakarta yang punya nilai sejarah, misalnya kota tua. Kota Tua kita bisa lakukan di Pelabuhan Sunda Kelapa, ada pasar ikan, gudang peninggalan Belanda. Cerita dari mulut ke mulut masyarakat juga banyak, misalnya cerita hantu. Itu biasanya muncul di masyarakat," lanjut Asep.

Agar lebih greget, Asep pun mengadakan paket wisata pada malam hari. Selain lebih tenang dan tidak ramai, suasana di malam hari juga sangat mendukung. Tak sedikit peserta yang tertarik dan anstusias.

"Excited! Malah ada yang nggak tidur semalaman kalau bikin nginap. Karena biasanya sekali event itu ratusan, tapi ada juga yang cuma 20 orang. Mereka excited karena nggak tahu kalau di Jakarta yang sepadat dan semrawut ini ada wisata malam dan anglenya itu bukan night club tapi ke wisata edukasi," ujar Asep.

Namun walau dilangsungkan pada malam hari, tur Jakarta Urban Legend ini begitu aman dan terbuka untuk semua umur. Hanya untuk traveler yang masih anak-anak, tentu masih perlu dapat bimbingan.

"Kalau risiko nggak ada, karena kita kan nggak adventure banget, kita cuma jalan-jalan saja, nggak lari-lari, dan biasanya secure karena kita ambil rute juga yang aman," jelas Asep.

Siapapun bisa mengikuti wisata malam ini dengan mendaftar di situs resminya (dok Indonesia Heritage Trails)Siapapun bisa mengikuti wisata malam ini dengan mendaftar di situs resminya (dok Indonesia Heritage Trails)
Apabila tertarik untuk mengikuti paket Jakarta Urban Legend, bisa mendaftar lebih dulu ke situs resminya di heritagetrails.co.id.

"Kalau mau ikut memang cukup daftar saja di heritagetrails.co.id website kita ya, memang yang ada di situ baru itu, tapi nanti pengembangan kita garap ke daerah. Nanti kita juga akan ada Bandung Urban Legend, pokoknya legenda-legenda di daerah, tetap kita munculkan. Dasarnya adalah fakta sejarah," terang Asep.

Untuk estimasi biaya, peserta boleh mendaftar baik seorang diri atau minimal 10 orang. Harganya bervariasi dari Rp 200 ribu dan bisa menjadi lebih murah apabila mendaftar beramai-ramai. Jadi apakah Anda tertarik untuk mengenal kisah urban legend ibukota di malam hari? (rdy/fay)

FOKUS BERITA

Wisata Malam
BERITA TERKAIT
BACA JUGA