Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Apr 2017 14:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pesan Dari Karimunjawa: Berhenti Makan Sirip Hiu

Bona
Redaksi Travel
Foto: (Bona/detikTravel)
Foto: (Bona/detikTravel)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
Karimunjawa - Sirip hiu masih diburu banyak orang untuk dikonsumsi. Penangkaran hiu di karimunjawa, Jawa Tengah pun mengajak traveler untuk stop makan hiu!

detikTravel mendapat kesempatan untuk menjelajahi Karimunjawa atas undangan Kemenpar. Punya tempat penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar, Karimunjawa mengajak traveler yang datang untuk tidak memburu hiu.

"Hiu ini hewan laut yang sudah mulai langka, jadi kita jangan sampai makan atau diburu. Makanya kita membuat penangkaran seperti ini," ujar Agus Hermawan, pengelola penangkaran Hiu Kencana, Minggu (30/4/2017).

Penangkaran Hiu Kencana ini awalnya dibuat karena pemilik penangkaran, Juming merasa kasihan pada hiu yang terus diburu. Membeli sepasang hiu dari nelayan, Juming pun membuka penangkaran hiu atas biaya sendiri.

Baca juga: Kisah Inspiratif Penyayang Hiu dari Karimunjawa

"Kita selalu kasih tahu pemandunya untuk memberi informasi tentang hiu saat ke sini," kata Agus.

Namun, ada saja pemandu yang malas untuk memberikan informasi tentang hiu pada pengunjung. Karena tak diinformasi, banyak yang menyangka kalau Hiu Kencana justru menyediakan kuliner berbahan hiu atau melakukan penjualan sirip hiu.

"Kalau yang muda-mudi jarang yang nanya, tapi kalau yang sudah berumur sering nanyain, jual sirip hiu atau enggak," ungkap Agus.

Biasanya jika mendapat pertanyaan seperti itu, pihak pengelola tak tinggal diam. Mereka akan langsung menginformasikan pengunjung bahwa hiu adalah hewan yang dilindungi.

"Kami akan langsung jelaskan, kalau kami enggak menjual sirip hiu dan bagian-bagian hiu," jelas Agus.

Agus menambahkan, tujuan dibentuknya penangkaran ini adalah untuk melindungi ekosistem hiu. Kalau hiu sampai punah, makan laut akan terancam karena mengalami ketidakseimbangan. Yuk, mulai sekarang kita jaga ekosistem laut dengan tidak memburu dan makan sirip hiu ya! (bnl/aff)

FOKUS BERITA

Pesona Jawa Tengah
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Inggris

Foto: Museum Paling Keren di London

Selasa, 21 Nov 2017 08:20 WIB

Museum Natural History menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di London, Inggris. Museum itu juga menyimpan sekitar 80 juta spesimen hewan sampai tumbuhan.