Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Jun 2017 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mimpi GKR Hayu Bikin Museum Keraton Jadi Lebih Modern

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Gusti Kanjeng Ratu Hayu (Muhammad Ridho/detikTravel)
Gusti Kanjeng Ratu Hayu (Muhammad Ridho/detikTravel)
Jakarta - Gusti Kanjeng Ratu Hayu membenahi sistem lawas wisata Keraton Yogyakarta dengan digital. Tak luput dari itu, museum Keraton Yogyakarta pun akan diremajakan.

Hal itu dikatakan GKR Hayu saat berkunjung ke kantor Detikcom, Rabu (14/6) lusa kemarin. Untuk mewujudkannya Hayu pun bekerjasama dengan saudaranya.

"Kalau saya mungkin saya kakak-kakak saya scoopnya masih di dalam keraton ya. Mungkin bukan secara kota. Cuma kita kepengen, adik saya kebetulan yang pegang pariwisata. Jadi kita berdua coba bagaimana caranya kita bisa kolaborasi untuk merevitalisasi museum," kata Hayu.

BACA JUGA: GKR Hayu dan Wisata Keraton Yogya yang Goes Digital

Revitalisasi museum kata Hayu untuk mengubah stigma wisatawan kesan lawas di dalamnya. Nantinya fasilitas serba canggih akan tersedia bagi para pengunjung.

"Karena sudah beberapa dekade tidak berubah, begitu-begitu aja. Nah ini sekarang kita coba di modernisasi. Dari situ mungkin nanti misalnya ada virtual reality, augmented reality, kemarin dibantu dengan camera 360, kita lagi eksplore sih mau dibikin seperti apa," urai Hayu.

Ke depan, wisatawan yang datang ke Yogya tak hanya menikmati fasilitas digital dari keraton saja. Bagi yang mempunyai urusan ke museum pun akan dipermudah dengan adanya ide ini.

"Kalau digitalisasi bukan hanya dari tempat saya nih. Jadi saya sendiri lakukan menyajikan informasi yang selama ini kita capture tangkap, kalau arsip itu dipegang adik saya," kata Hayu.

"Mereka ada juga digitalisasi naskah-naskah kuno. Hopefully, misalnya website sudah jadi, seperti British Museum. Koleksinya available online cuma memang masih jauh, masih jauh. Cuma kita mau ke arah sana. Mungkin bukan hanya dari turis, jadi public service juga," pungkas dia.

(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.