Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Jul 2017 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Arti Salam Cium Hidung yang Dilakukan Jokowi di Sumba?

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Jokowi yang melakukan salam cium hidung dengan salah satu kepala desa setempat (Raiyani/dok Kemenpar)
Jokowi yang melakukan salam cium hidung dengan salah satu kepala desa setempat (Raiyani/dok Kemenpar)
Jakarta - Dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Parade 1001 Kuda Sandelwood kemarin, orang nomor satu RI itu sempat melakukan salam cium hidung. Ada makna apa di baliknya?

Bagi masyarakat Sumba, tradisi salam cium hidung menjadi suatu simbol dari kekerabatan yang begitu dekat. Hal itu pun diungkapkan oleh Kadispar NTT, Marius Ardu Jelamu saat dihubungi detikTravel via telepon, Kamis (13/7/2017).

"Yaitu lambang persahabatan ya, lambang kedekatan bahwa Presiden Jokowi yang orang baru itu sudah jadi bagian dari keluarga itu, sebagai anak, sebagai bapak, saudara-saudara," jelas Marius.

BACA JUGA: Buka Festival Kuda di Sumba, Jokowi Dihadiahi Kuda dan Parang

Berbeda dengan ciuman yang umumnya dilakukan dengan mulut. Salam cium hidung dilakukan oleh dua individu dengan saling menempelkan hidung. Dengan salam itu, jarak antar dua individu seakan didekatkan tanpa adanya jarak.

 Jokowi yang tengah melihat kegiatan menenun (Raiyani/dok Kemenpar) Jokowi yang tengah melihat kegiatan menenun (Raiyani/dok Kemenpar)

Makna dari balik salam cium hidung pun juga dipercaya dapat meredam konflik. Bahkan dapat dikatakan kalau semua masalah antar individu bisa selesai apabila salam cium hidung dilakukan.

"Jadi kalau pun di sana ada konflik, kalau sudah cium hidung sudah selesai, jadi nilainya sangat tinggi sekali. Kalau salaman kan basa basi ya, kalau cium hidung itu sudah dekat sekali," ujar Marius.

Dalam kunjungannya ke Parade 1001 Kuda Sandelwood Rabu kemarin (12/7), diketahui kalau Presiden Jokowi sempat melakukan salam cium hidung dengan dua kepala desa di Kabupaten Sumba Barat Daya. Sontak aksinya mendapat sorakan dari penonton dan wisatawan yang menyaksikannya. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kebun Bunga Seperti Pelangi

Senin, 24 Jul 2017 18:40 WIB

Di Kawasan Biei, Hokkaido, Jepang ada keajaiban alam berupa kebun bunga yang berwarna-warni seperti layaknya pelangi. Mejikuhibiniu, semuanya ada!

'Dari Tangerang untuk Indonesia'

Senin, 24 Jul 2017 18:15 WIB

Pembukaan Festival Cisadane 2017 berlangsung sangat meriah. Inilah festival di Tangerang yang menampilkan budaya, adat dan mengenalkan Sungai Cisadane.