Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jul 2017 17:30 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Pria yang Akrab dengan Hyena di Afrika

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Kawanan Hyena di jalanan Harar, Ethiopia (Heather Paul/ BBC)
Kawanan Hyena di jalanan Harar, Ethiopia (Heather Paul/ BBC)
Harar - Jika manusia dekat dengan hewan seperti anjing, kucing dan burung itu adalah hal biasa. Bagaimana jika manusia akrab dan berinteraksi dengan hyena?

Hyena merupakan predator alias hewan pemburu nomor dua setelah singa yang banyak di temukan di Afrika. Bukan hanya memangsa hewan lain, hyena juga memangsa manusia. Biasanya yang paling banyak menjadi korban adalah anak-anak, wanita, orang sakit dan orang yang sedang tidur.

Dibalik fakta mengerikan itu, ternyata di ada lho manusia yang akrab dengan predator buas ini. Kok bisa ya?

Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Senin (17/7/2017) di Ethiopia, masyarakat sudah terbiasa dengan kehadiran hyena di lingkungan mereka. Bahkan mereka memanggil dan memberi makan predator tersebut.
Yusuf, warga Harar yang akrab dengan hyena ( Paul Thompson/BBC)Yusuf, warga Harar yang akrab dengan hyena ( Paul Thompson/BBC)

Hal ini bermula dari 400 tahun yang lalu, dua kelompok hyena masuk ke dalam perkampungan Harar, Ethiopia. Mereka masuk ke dalam perkampunan, dan memakan mayat-mayat serta tulang bekas dari korban penjagalan. Semenjak itu hyena berkeliaran di jalanan Harar.

Ada juga mitos lain mengenai kedekatan masyarakat Afrika dengan hyena lho traveler. Kono dulu katanyan, ketika musim paceklik menyerang dan kealparan dimana-mana, hyena menyerang masyarakat dan memangsa mereka dengan bringas. Sampai pada akhirnya Muslim di kota tersebut membuat perjanjian dengan pemimpin hyena.

Perjanjian tersebut berisi manusia akan memberi makan hyena bubur, dengan syarat untuk tidak memangsa manusia. Hyena pun setuju, sejak itulah terbangun kedekatan manusia dengan hyena. Bahkan penduduk sengaj membuka pintu gerbang rumah untuk memudahkan hyena keluar masuk.

Salah satu pendudukHarar yang akrab denganhyena adalahYusufMume Saleh. Dia bahkan memanggil hyena ke rumahnya, dan memberi makan langsung dengan tangan hewan predator tersebut. Berani ya?

Hyena merupakan predator nomor dua yang paling banyak ditemukan di Afrika ( Heather Paul/ BBC)Hyena merupakan predator nomor dua yang paling banyak ditemukan di Afrika ( Heather Paul/ BBC)

Jadi hal ini bermula 30 tahun yang lalu, pada suatu malam ketika Yusuf memberi makan anjingya, dia melihat hyena sedang berkeliaran. Kemudian dia memberanikan diri melempar daging, dan dengan gesit hyena tersebut mengambil dan lari. Setiap malam hal yang sama terus dilakukan Yusuf, sampai akhirnya hyena datang bergerombolan ke rumahnya.

Semenjak itulah hyena dan keluarganya akrab. Karena kedekatan ini dia dijuluki Hyena Man. Seiring cerita menyebar, banyak turis yang penasaran dengan keluarga Yusuf. Mereka datang dan melihat langsung bagaimana Yusuf dengan santainya memberi makan predator tersebut. (sym/rdy)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED