Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Jul 2017 07:55 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Komunitas yang Suka Bersihkan Sampah di Jakarta

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: (dok Clean Up Jakarta Day)
Foto: (dok Clean Up Jakarta Day)
Jakarta - Kadang masih saja, tempat-tempat wisata di Jakarta penuh dengan sampah. Komunitas yang satu ini, dapat merubah kamu untuk lebih peduli lingkungan.

Berwisata ke suatu tempat, pastinya akan lebih menyenangkan jika kondisinya aman dan bersih. Namun sayangnya kesadaran ini belum didukung dengan niat menjaga kebersihannya. Padahal, apapun bekas sampah yang dibuat seseorang adalah kewajiban diri sendiri.

Komunitas yang satu ini patut diacungi jempol. Adalah Clean Up Jakarta Day, atau yang biasa disebut CUJD merupakan komunitas yang bergerak di bidang lingkungan. Setiap satu tahun sekali, CUJD melakukan aksinya membersihkan sampah di puluhan titik lokasi yang tersebar di area Jakarta.

Para relawan yang ikut turun membersihkan sampah (Clean Up Jakarta Day)Para relawan yang ikut turun membersihkan sampah (dok Clean Up Jakarta Day)

DetikTravel menghubungi Koordinator CUJD, Agustina Rabu (26/7/2017) Ia menuturkan bahwa komunitas yang didirikan sejak tahun 2013 ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Jakarta akan masalah pembuangan sampah sembarangan dan untuk mengubah pemikiran akan kepedulian mereka terhadap tempat tinggal penduduk Jakarta.

"Kegiatan ini dilakukan secara massive di puluhan titik lokasi yang tersebar di seluruh Jakarta. Tahun 2016 lalu, CUJD mengadakan bersih-bersih di 53 titik lokasi yang tersebar di Jakarta dengan melibatkan 20.000 relawan, tahun 2017 diperkirakan 30.000 relawan akan bergabung dan tersebar di 70 titik lokasi clean up." ujarnya.

Kota Tua yang menjadi salah satu titik aksi (Clean Up Jakarta Day)Kota Tua yang menjadi salah satu titik aksi (dok Clean Up Jakarta Day)

Selain itu, CUJD juga aktif bergerak melakukan aksinya di berbagai destinasi wisata yang ada di Jakarta. Seperti Kebun Binatang Ragunan, Kepulauan Serbu, Monas, Museum Fatahillah dan beberapa taman kota.

Area Gelora Bung Karno yang menjadi titik aksi (Clean Up Jakarta Day)Area Gelora Bung Karno yang menjadi titik aksi (Clean Up Jakarta Day) Foto: (dok Clean Up Jakarta Day)


Komunitas sosial yang dibawahi oleh Indonesia Expat ini didirikan oleh Angela Richardson, yang memiliki tujuan utama untuk mengajak setiap orang bertanggung jawab akan sampah yang dihasilkan dan mengolahnya sesuai jenis.

Agustina juga menuturkan, sifat bertanggung jawab, memilah sampah dan membersihkan kota juga tempat tinggal ini salah satunya difungsikan untuk terlibat dalam aksi clean up menuju World Clean Up Day 2017.

Selain aksi membersihkan kota, CUJD juga aktif untuk memberikan pengetahuan seputar sampah kepada masyarakat. "Ada roadshow yang diadakan di sekolah-sekolah bulan Agustus-September. Roadshow ini tujuannya memang pembekalan. Jadi mereka diberikan pengetahuan terkait isu sampah dan cara pemilahan sampah recyclable dan non-recyclable" ujar Agustina.

Kegiatan relawan yang membawa karung untuk memungut sampahKegiatan relawan yang membawa karung untuk memungut sampah (dok Clean Up Jakarta Day)

CUJD berharap, nantinya masyarakat akan lebih sadar dan peduli terhadap alam dengan hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya dan memilah sesuai jenis sampah. Karena nantinya, akan mendorong lebih banyak orang yang peduli pada lingkungan terutama tempat wisata yang menjadi milik seluruh warga yang menikmati keindahannya.

Apabila traveler ingin ikut bergabung dalam komunitas Clean Up Jakarta Day, bisa menuju ke web resminya www.cleanupjakartaday.org, pilih 'Register', lalu memiih lokasi yang ingin diikuti. Ayo join dan jadi traveler anti buang sampah sembarangan. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Mengenal Mandalika

Harapan Traveler dari Mandalika

Senin, 23 Okt 2017 18:52 WIB

Mandalika tengah dikembangkan jadi destinasi wisata kelas dunia. Traveler pun turut menyampaikan harapannya terhadap pengembangan Mandalika.