Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Jul 2017 17:38 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Selfie Pakai Tongsis di Stasiun Kereta Jepang, Pokoknya Jangan

Baban Gandapurnama
detikTravel
Larangan membawa tongsis di stasiun kereta Jepang (Baban/detikTravel)
Larangan membawa tongsis di stasiun kereta Jepang (Baban/detikTravel)
Sapporo - Jangan pernah berpose narsis sambil mengangkat tongsis kalau kamu sedang berada di stasiun kereta Jepang. Ada larangan keras dari Pemerintah Jepang soal ini.

Larangan tongsis terpampang di Stasiun Sapporo, Kota Sapporo, Hokkaido, Jepang. Poster ukuran jumbo bergambar karikatur orang memegang tongsis sengaja ditempel pada dinding pengumuman.

Tertera kalimat kanji dan bahasa Inggris bertulis: "Please stop dangerous photo shooting on platforms. The use of selfie sticks and stepladders is dangerous, Please do not use them."

Poster tersebut sangat menarik perhatian rombongan media trip asal Indonesia yang digelar Japan National Tourism Organization (JNTO) saat berkesempatan menyambangi Stasiun Sapporo, Jumat (21/7) lalu.

"Sangat bahaya selfie menggunakan tongsis. Sebab Shinkansen bertegangan listrik tinggi sehingga berisiko tongkat tersengat listrik yang dipicu smartphone," ucap Sasayama Michiko, pemandu tur dari JNTO.
 Poster larangan menggunakan tongsis di Stasiun Sapporo, Jepang (Baban/detikTravel) Poster larangan menggunakan tongsis di Stasiun Sapporo, Jepang (Baban/detikTravel)


Shinkansen sebenarnya jalur kereta listrik cepat. Penyebutan Shinkansen oleh orang di luar Jepang tertuju untuk nama kereta super cepat yang memiliki kecepatan tertinggi 300 km perjam.

Japan Today pada 21 September 2015 memberitakan soal larangan tongkat selfie di sejumlah stasiun kereta. Dalam laporannya, Japan Railway West mengumumkan penggunaan tongkat selfie dilarang di 1.195 stasiun.

Warga lokal Jepang tidak ada yang membawa tongsis di stasiun kereta, karena sangat dilarang (Baban/detikTravel)Warga lokal Jepang tidak ada yang membawa tongsis di stasiun kereta, karena sangat dilarang (Baban/detikTravel)


Ada dua alasan berkaitan larangan peralatan swafoto. Pertama soal bangunan stasiun tidak menyediakan area untuk tongsis. Kedua, ruang gerak penumpang menjadi terganggu saat orang asyik selfie sambil mengatur posisi tongsis, sehingga kondisi tersebut berisiko saling bertabrakannya antarpenumpang yang berusaha menghindari aksi orang narsis.

"Jadi, penumpang atau wisatawan saat ada di stasiun kereta, enggak boleh menggunakan tongsis. Berbahaya," tutur Michiko mengingatkan. (bbn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED