Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Agu 2017 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ritual Seram dan Unik di Dunia yang Penuh Makna

Afif Farhan
Redaksi Travel
Ilustrasi Ritual Kematian di Toraja (Rachman Haryanto/detikTravel)
Ilustrasi Ritual Kematian di Toraja (Rachman Haryanto/detikTravel)

FOKUS BERITA

Ritual Unik dan Seram
Jakarta - Beda negara, beda pula ritualnya. Malah tak sedikit, ritual-ritual itu terlihat unik juga seram. Namun yang pasti, ada suatu makna di dalamnya.

detikTravel selama hari Kamis ini dalam Travel Highlight akan membahas tentang Ritual Unik dan Seram. Ritual yang ada di Indonesia serta di beberapa negara. Ritual yang sudah jadi tradisi luhur dan kini menjadi atraksi wisata.

Dari Indonesia terdapat ritual potong jari yang melambangkan kesedihan akibat ditinggal anggota keluarga. Satu lagi, di Toraja ada Ritual Ma Nene yakni mengganti pakaian pada jenazah yang sudah meninggal.

Di luar negeri pun ada banyak ritual yang unik dan seram. Di India misalnya ada ritual injak kepala dan melempar bayi dari ketinggian. Di Tibet, terdapat pemakaman di atas bukit yang juga disebut pemakaman di langit!

Jangan salah, belahan benua Eropa sana memiliki ritual yang unik dan jadi mitos yang dipercaya orang-orang. Ritualnya, mencium batu dan konon permintaann akan terkabul.

Dunia ini punya banyak ritual yang mungkin sulit diterima dengan akal sehat. Banyak menimbulkan pro dan kontra, namun intinya itu adalah ajaran leluhur atau orang-orang zaman dulu yang masih dipertahankan.

Sikap kita sebaiknaya adalah dapat menghargai perbedaan. Menghargai apa yang mereka lakukan, di lain sisi menambah wawasan tentang keanekaragaman budaya dan ritual di berbagai belahan planet ini.

Selamat menikmati Travel Highlight Ritual Unik dan Seram. Selamat membaca! (aff/msl)

FOKUS BERITA

Ritual Unik dan Seram
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Mengenal Mandalika

Harapan Traveler dari Mandalika

Senin, 23 Okt 2017 18:52 WIB

Mandalika tengah dikembangkan jadi destinasi wisata kelas dunia. Traveler pun turut menyampaikan harapannya terhadap pengembangan Mandalika.