Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Agu 2017 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Harga BBM di Papua Sama dengan di Jawa, Bagaimana Biaya Liburan ke Raja Ampat?

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Boat di Raja Ampat (Afif Farhan/detikTravel)
Foto: Boat di Raja Ampat (Afif Farhan/detikTravel)
Waisai - Presiden Jokowi sudah menetapkan harga BBM di Papua sama dengan di Jawa. Lantas, apakah ada pengaruhnya untuk biaya liburan ke Raja Ampat?

Seperti diketahui, butuh uang tak sedikit untuk liburan ke Raja Ampat di Papua Barat. Transportasi di sana memakan biaya cukup besar, yakni sewa boat yang menggunakan BBM. Sewa boat di Raja Ampat, biayanya mulai dari jutaan rupiah sampai paling mahal bisa Rp 15 juta tergantung destinasi tujuan.

Baru-baru ini, Presiden Jokowi sudah menyamaratakan harga BBM di Papua dengan di Jawa. Dengan program ' BBM Satu Harga', harga BBM di Papua sudah seperti di Pulau Jawa yang per liternya Rp 6.450 untuk premium dan Solar Rp 5.150 per liter.

Beberapa weilayah di Papua Barat seperti di Kecamatan Moswaren, Kabupaten Sorong Selatan pun menikmati BBM yang kini sudah murah, dari sebelumnya Rp 12.000-15.000/liter di sana. Lantas karena berada di Sorong yang merupakan pintu masuk ke Raja Ampat, apakah ada pengaruh harga kala menyewa boat di sana untuk liburan?

"Saat ini harga BBM yang sama dengan harga di Jawa adalah BBM di pom bensin bersubsidi yang ada di Waisai. Sementara untuk speedboat wisata umumnya menggunakan BBM harga industri yang memang lebih mahal," terang Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat Yusdi Lamatenggo pada detikTravel, Jumat (18/8/2017).

Asal tahu saja, BBM industri berbeda dengan BBM bersubsidi yang harganya disamaratakan. BBM bersubsidi hanya untuk konsumsi sehari-hari seperti kendaraan bermotor atau untuk kapal-kapal nelayan. Sedangkan BBM industri dipakai salah satunya untuk pariwisata.

"Kecuali ada kebijakan dari Pertamina yang membolehkan speedboat wisata membeli BBM subsidi, baru bisa lebih murah," tutup Yusdi. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Secuil Rasa Amerika di Osaka

Senin, 20 Nov 2017 08:52 WIB

Pengaruh dan nuansa Amerika kental terasa di Amerika-mura. Inilah kawasan belanja, dimana anak-anak gaul Jepang terpengaruh gaya dan budaya negeri Paman Sam.