Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Sep 2017 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Seribuan Peserta dari 36 Negara Akan Ikuti Bromo Marathon

Muhajir Arifin
detikTravel
Foto: Bromo Marathon 2017 siap digelar (Muhajir Arifin/detikTravel)
Foto: Bromo Marathon 2017 siap digelar (Muhajir Arifin/detikTravel)
Pasuruan - Pasuruan Bromo Marathon 2017 siap digelar. Sebanyak 1.826 peserta dari 36 negara akan ambil bagian dalam event internasional ini.

"Bromo Marathon yang kelima akan digelar pada hari Minggu 1 Oktober 2017. Ribuan peserta dari 36 negara akan ikut dalam event ini," kata Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf saat jumpa pers di Pendopo Nyawiji Ngesthi Wenganing Gusti, Rabu (27/9/2017).

Bupati yang akrab disapa Gus Irsyas ini mengungkapkan event ini bertujuan mempromosikan pariwisata dan potensi Kabupaten Pasuruan. Sehari sebelum start, para peserta bisa menikmati festival budaya Tengger yang menyajikan berbagai kesenian tradisional.

"Bromo Marathon menawarkan panorama keindahan kawasan Bromo Tengger Semeru. Para peserta juga bisa menikmati sejumlah kesenian tradisional khas Tengger yang juga akan dipertunjukkan di sejumlah titik di rute yang dilintasi," terangnya.

(Muhajir Arifin/detikTravel)(Muhajir Arifin/detikTravel)
Panitia acara, Dedy Kurniawan, dari ribuan peserta, 65 persen berasal dari Indonesia dan 35 persen dari mancanegara. Antara lain Amerika Serikat, China, Belanda, Norwegia, Spanyol, Malaysia, Singapura, Mongolia hingga Filipina. Peserta dari luar negeri, paling banyak berasal dari Malaysia.

"Ini maraton dengan jumlah negara peserta terbanyak," kata Dedy.

Bromo Marathon 2017 dibagi tiga kategori yakni 10 Km, 21 Km dan 42 Km, terdiri dari pria (male) dan wanita (female). Rute yang dipilih berbeda dengan tahun sebelumnya untuk menghindari bosan.

"Kategori 10 Km memang untuk pemula. Elevasinya 1.500 sampai 1.700 Mdpl," terangnya.

Sementara kategori 21 Km lebih menonjolkan wisata olahraga. Rutenya lebih banyak spot untuk selfie dan berfoto. Peserta bisa langsung menikmati keindahan Gunung Bromo. Kategori ini diikuti banyak pelari dari mancanegara.

"Kalau kelas 42 Km khusus pelari profesional dengan elevasi rute antara 1.300 Mdpl hingga 2.500 Mdpl. Cut time-nya 8 jam sehingga pelari harus fokus menyelesaikan track," papar Dedy.

Menurut Dedy, start untuk semua kategori dimulai pukul 07.00 WIB. Setiap kategori diambil juara 1 sampai 3, pria dan wanita. "Namun setiap finisher akan menerima medali," pungkasnya. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Pulau Rubiah, Surganya Ikan!

Minggu, 21 Okt 2018 19:08 WIB

Pulau Sabang adalah titik 0 kilometer Indonesia ada di sana. Wisata pantainya sangat banyak. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Rubiah.

Wisata Pantai

Pantai Buat Santai di Jepara

Minggu, 21 Okt 2018 19:00 WIB

Kata siapa Jepara tidak punya pantai buat santai. Inilah Pantai Teluk Awur di Jepara yang asyik buat kamu datangi.