Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Okt 2017 11:50 WIB

TRAVEL NEWS

Makin Mudah Turis Liburan ke Danau Toba

Afif Farhan
detikTravel
Wistawan yang menikmati Danau Toba (I Gede Leo Agustina/ dTraveler)
Wistawan yang menikmati Danau Toba (I Gede Leo Agustina/ d'Traveler)
Jakarta - Makin mudah turis liburan ke Danau Toba, Sumatera Utara. Bandara di sana sudah bertaraf internasional, ditambah beberapa penerbangan langsung dari Jakarta.

Pada Sabtu (28/10) kemarin, Citilink terbang perdana dari Halim Perdana Kusuma di Jakarta ke Bandara Silangit di Tapanuli Utara yang dekat dari Danau Toba. Selain itu pada hari yang sama, penerbangan internasional Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA8510 dari Singapura, mendarat mulus di runway Bandara Silangit. Lepas landas dari Bandara Changi pukul 12.55 waktu setempat, pesawat Explore Jet Bombardier CRJ-1000 berkapasitas 96 penumpang itu tiba di Silangit pada pukul 13.10 WIB.

"Sekarang wisatawan dan masyarakat dapat menikmati sensasi penerbangan langsung antara Singapura dan Silangit yang hanya memakan waktu lebih kurang 55 menit. Kita akan semakin sadar bahwa ternyata kawasan Danau Toba yang indah ini tidak jauh dari Singapura," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya seperti dalam rilis dari Kementerian Pariwisata yang diterima detikTravel, Minggu (29/10/2017).

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah berbaju abu-abu) saat menjajal penerbangan langsung Citilink ke Bandara Silangit Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah berbaju abu-abu) saat menjajal penerbangan langsung Citilink ke Bandara Silangit (dok Kemenpar)


Arief Menambahkan, Danau Toba sudah dicanangkan sebagai salah satu dari 10 Destinasi Prioritas dengan target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 1 juta di tahun 2019. Untuk mencapai angka tersebut, kebutuhan bandara internasional di Danau Toba sangat penting.

Sebagai Bandara Internasional, Bandara Silangit saat ini telah dilengkapi dengan fasilitas CIQ (Custom, Immigration, Quarantine). Kementerian Keuangan melalui Ditjen Bea Cukai telah menetapkan area kepabeanan di Bandara Silangit, Kementerian Hukum dan HAM melalui Ditjen Imigrasi telah menetapkan Bandara Silangit sebagai tempat pemeriksaan imigrasi (TPI).

Demikian juga dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan juga telah melengkapi Bandara Silangit dengan fasilitas karantina yang sudah beroperasi mulai tanggal 28 Oktober 2017.

Untuk meningkatkan palayanan terhadap pengguna, Bandara Internasional Silangit saat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur digital. Fitur smart airport ini sudah terpasang dan beroperasi diantaranya akses internet wifi gratis, display skedul bis dan penerbangan, e-payment, bus ticketing vending machine, tourism info e-kiosk, self check-in, dan fitur digital lainnya.

"Bandara Internasional Silangit ini walaupun kelasnya medium airport tetapi sudah memiliki fasilitas yang lengkap serta termasuk kategori smart airport. Semoga Bandara Silangit akan menjadi pintu gerbang yang nyaman bagi kedatangan wisatawan mancanegara ke Danau Toba," tutup Arief. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED