Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Jan 2018 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

VSS Unity, Pesawat yang Akan Bawa Wisatawan ke Luar Angkasa

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Pesawat luar angkasa VSS Unity (dok Virgin Galactic)
Pesawat luar angkasa VSS Unity (dok Virgin Galactic)
Sacramento - Maskapai Virgin Galactic milik pengusaha eksentrik Richard Branson tengah menyeriusi pesawat luar angkasa untuk wisatawan. Ini dia profil pesawatnya.

Dalam waktu dekat, mimpi liburan ke luar angkasa mungkin akan segera menjadi kenyataan. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (15/1/2018) hal itu pun dibuktikan dengan keberhasilan uji terbang dari pesawat luar angkasa VSS Unity milik perusahaan Virgin Galactic pada Jumat pekan lalu (12/1) seperti diberitakan Daily Mail.

Seperti diketahui, Virgin Galactic merupakan anak perusahaan Virgin Group milik pengusaha penerbangan Richard Branson. Didirikan pertama kali tahun 2010, Virgin Galactic bersaing dengan perusahaan lain seperti Blue Origins (Jeff Bezos) dan SpaceX (Elon Musk) untuk membawa wisawatan liburan ke luar negeri.

Dengan keberhasilan uji terbang pesawat VSS Unity pekan lalu, Richard Branson pun semakin yakin bahwa ia bisa segera membawa wisatawan ke luar angkasa pada bulan April mendatang seperti diberitakan media Express.

VSS Unity, Pesawat yang Akan Bawa Wisatawan ke Luar AngkasaVSS Unity baru saja menyelesaikan uji terbang pekan lalu (dok Virgin Galactic)

Namun sebelum itu, tidak ada salahnya traveler mengenal lebih dulu pesawat luar angkasa VSS Unity milik Virgin Galactic tersebut. Dilihat detikTravel dari situs resmi Virgin Galactic, VSS Unity merupakan pengembangan dari pesawat SpaceShipTwo.

Awalnya, VSS Unity diperkenalkan ke depan publik pada 19 Februari 2016. Seiring dengan waktu, VSS Unity pun berhasil melewati serangkaian tes uji kelayakan. Hasil itu pun jauh lebih baik dari pesawat prototipe sebelumnya, VSS Enterprise yang mengalami kecelakaan pada tahun 2014 silam.

VSS Unity, Pesawat yang Akan Bawa Wisatawan ke Luar AngkasaPesawat ini akan membawa traveler ke luar angkasa dalam waktu dekat (dok Virgin Galactic)

Secara teknis, VSS Unity akan diterbangkan lebih dulu menuju ketinggian 15.000 meter bersama dengan pesawat White Knight Two. Setelah itu, VSS Unity akan dilepas dari White Knight Two. Pada uji coba terbang pekan lalu, VSS Unity tercatat dapat mencapai kecepatan luncur maksimum hingga mach 0,9 (670 mph/1.080 km per jam). Hasil yang cukup baik.

Nantinya, pesawat VSS Unity akan terbang sekitar 80 Km di atas permukaan bumi. Jarak itu pun disebut oleh NASA sebagai luar angkasa.

Secara kapasitas, VSS Unity diketahui dapat membawa 8 orang (termasuk 2 pilot) ke luar angkasa. Untuk biaya reservasi per bangkunya nanti, diperkirakan mencapai angka USD 250.000 (Rp 3,3 miliar). Jumlah yang mungkin sesuai untuk tamasya ke luar angkasa.












(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Menelusuri Hidden Gem di Bali

Senin, 20 Agu 2018 14:15 WIB

Bali merupakan tempat wisata favorit wisatawan domestik dan mancanegara. Masih banyak tempat wisata di sana yang belum banyak orang tahu lho!