Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Feb 2018 21:18 WIB

TRAVEL NEWS

Sungai Sekanak di Palembang: Dulu Kumuh, Sekarang Molek

Raja Adil Siregar
detikTravel
Kawasan Sekanak Bersolek di Palembang (Raja Adil/detikTravel)
Kawasan Sekanak Bersolek di Palembang (Raja Adil/detikTravel)
Palembang - Pemkot Palembang mengubah kawasan kumuh di Sungai Sekanak, jadi destinasi wisata baru. Aliran sungai di sebelah Kantor Wali Kota ini jadi sedap dilihat.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo menyebut berubahnya wajah sungai Sekanak menjadi 'Sekanak Bersolek', merupakan salah satu upaya Pemkot dalam melakukan revitalisasi sungai. Ada sekitar Rp 7,5 miliar dana APBD Kota Palembang yang telah disiapkan.

"Revitalisasi Sungai Sekanak ini sebagai tahap awal kita dalam merevitalisasi sungai menjadi objek wisata. Kita juga sudah siapkan dana Rp 7,5 miliar untuk merevitalisasi sungai-sungai yang ada di Kota Palembang dan semua pasti akan cantik seperti ini," kata Harnojoyo kepada detikTravel, Minggu (4/2/2018).

Bukan hanya revitalisasi saja, Harnojoyo memastikan Pemkot akan menyediakan fasilitas umum yang dibutuhkan. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap Dinas Pariwisata dalam menciptakan destinasi wisata baru jelang Asian Games mendatang.

Sungai Sekanak di Palembang: Dulu Kumuh, Sekarang Molek(Raja Adil/detikTravel)
Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan proses revitalisasi dan pengecatan kawasan Sekanak membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Waktu yang cukup lama ini dikarenakan Dinas Pariwisata harus bersosialisasi terlebih dahulu pada masyarakat sekitar.

"Awalnya kita memang harus sosialisasikan dulu sama masyarakat yang tinggal di tepian Sungai Sekanak, kita kasih pemahaman bahwa kawasan sungai akan kita percantik. Setelah itu baru kita mulai lakukan pembersihan dan mengecat bagian tepi sungai dengan melibatkan komunitas mural dan Dinas PU BM kota," kata Isnaini.

Sungai Sekanak di Palembang: Dulu Kumuh, Sekarang Molek(Raja Adil/detikTravel)
Sebanyak 1.500 liter cat telah dihabiskan untuk mempercantik kawasan Sungai Sekanak, dengan luas area mencapai 2.500 meter persegi.

Dari pantauan detikTravel, kawasan sungai Sekanak Bersolek memang sudah terlihat cantik. Perahu dengan warna terang terlihat lalu lalang melintas dan mengajak masyarakat berkeliling.

Layaknya kota-kota di luar negeri, Sekanak Bersolek kini mulai menjadi destinasi wisata primadona masyarakat Kota Palembang. Bahkan banyak masyarakat yang mengatakan 'Belum mampir ke Kota Palembang kalau belum foto di Sekanak Bersolek'.

Sungai Sekanak di Palembang: Dulu Kumuh, Sekarang Molek(Raja Adil Siregar)
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED