Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Feb 2018 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket Pesawat Kadaluarsa 19 Tahun, Eh Masih Bisa Dipakai

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Tiket pesawat berusia 19 tahun yang ditemukan John (dok. WFMY)
Greensboro - Boleh percaya boleh tidak, seorang traveler di AS menemukan tiket pesawat yang sudah berusia 19 tahun di bawah kasur. Ternyata, tiket ini masih bisa dipakai.

John Walker, seorang traveler dari Greensboro, North Carolina, AS tidak pernah menyangka akan menemukan keajaiban di bawah kolong tempat tidurnya. Sebulan yang lalu, dia tak sengaja menemukan sebuah voucher tiket pesawat United Airlines.

Ditelusuri detikTravel dari pemberitaan beberapa media, Jumat (9/2/2018), tiket ini diterbitkan tanggal 31 Desember 1998, atau sudah 19 tahun yang lalu. Tiket ini sama sekali belum pernah digunakan John.

Tiket United Airlines dibeli John dengan rute dari Nashville ke Sacramento, AS. John lalu ingat bahwa di tanggal tersebut dia ada halangan. John pun mengontak pihak United Airlines untuk meminta refund.

Meski tiket penerbangan tersebut non-refundable, alias tidak bisa direfund, tetapi pihak United Airlines menjanjikan travel voucher, yang John sama sekali lupa untuk menggunakannya, sampai dia menemukannya lagi sebulan yang lalu.

Dalam tiket tersebut tertera syarat dan ketentuan yang berlaku. Seperti ini bunyinya:

"Domestic wholly unused non-refundable ticket(s) can forever be applied toward the purchase of another domestic non-refundable ticket, for the customer named on the ticket,"

Intinya, tiket penerbangan domestik non refundable yang tidak digunakan, selamanya dapat digunakan untuk membeli tiket domestik non refundable lain, untuk konsumen yang namanya tertera di tiket.

Kata kuncinya ada di kata forever, alias selamanya. John pun menghubungi Customer Service United Airlines apakah tiket tersebut masih valid jika dipakai sekarang.

Meski agak kurang yakin, tapi United Airlines benar-benar memberikan tiket pengganti senilai jumlah uang yang dikeluarkan John di tahun 1998. United Airlines menghargai tiket John ini sebagai bagian dari sejarah mereka.

Asal traveler ketahui, maskapai United Airlines pernah dinyatakan bangkrut di tahun 2002 akibat kejadian 9/11. Namun mereka berhasil bangkit kembali dan kembali beroperasi di tahun 2006.

"Mereka memutuskan untuk menghargai tiket ini, meskipun secara legal, tiket ini sudah tidak berlaku. Tidak ada yang tahu akan diapakan tiket ini, karena sudah lama sekali tidak diterbitkan, mungkin selama 10-12 tahun," ujar John seperti diberitakan media WFMY2.

John akhirnya diberikan tiket pengganti senilai US$378 (setara Rp 5,1 juta). Meski begitu, John masih belum tahu akan memakai voucher ini kemana. Ada-ada saja! (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA