Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Feb 2018 12:12 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang Akan Bangun Gedung Pencakar Langit Tertinggi dari Kayu

Foto: Desain gedung pencakar langit dari kayu (Sumitomo Forestry.co)
Foto: Desain gedung pencakar langit dari kayu (Sumitomo Forestry.co)
Tokyo - Melihat gedung pencakar langit dari kaca dan beton sudah biasa, tapi bagaimana kalau dari kayu? Wacananya, Jepang akan membuat gedung pencakar langit dari kayu.

Wacana itu pun diungkapkan oleh pihak pengembang Sumitomo Forrestry baru-baru ini. Dilihat detikTravel dari situs resminya, Kamis (15/2/2018), pihak Sumitomo berencana untuk membangun gedung pencakar langit berbahan kayu dengan tinggi 350 meter di Tokyo, Jepang.

Dituliskan, proyek yang diberi nama W350 itu sekaligus menandai ulang tahun Sumitomo Forrestry yang ke 350 tahun. Tidak tanggung-tanggung, proyek itu diperkirakan akan selesai tahun 2041.

Dijelaskan lebih lanjut, nantinya teknologi untuk pengerjaan proyek itu akan ditangani langsung oleh Tsukuba Research Laboratory milik Sumitomo. Sebelumnya, laboratorium itu hadir untuk mengembangkan teknik membangun yang futuristik dan ramah lingkungan.
Desain gedung yang dibuat seperti di hutan (Sumitomo Forestry.co)Desain gedung yang dibuat seperti di hutan (Sumitomo Forestry.co)


Namun walau disebut menggunakan bahan kayu, material penunjang lain seperti besi juga akan digunakan dengan rasio 9:1. Firma arsitek Nikken Sekkei pun ditunjuk oleh Sumitomo untuk merancang gedungnya.

Diperkirakan, gedung pencakar langit itu akan berdiri dengan 70 lantai, toko, kantor, hotel dan tentunya tempat tinggal seperti apartemen. Nuansa hijau hingga fauna pun akan ditambahkan untuk membuat suasana ala hutan.

Pembangunannya pun memakan dana yang cukup fantastis, yakni sekitar 600 miliar Yen atau 76 triliun. Apabila jadi, nantinya gedung itu akan jadi yang tertinggi di dunia dengan bahan kayu. Bukan tidak mungkin jadi ikon wisata baru di Jepang. (rdy/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED