Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Feb 2018 16:18 WIB

TRAVEL NEWS

Sisi Positif dan Negatif Mesin ATM di Bawah Laut Pahawang

Bona
Redaksi Travel
ATM bawah laut di Pahawang (dok MURI)
ATM bawah laut di Pahawang (dok MURI)
Pahawang - Foto mesin ATM bawah laut di Pahawang menjadi viral. Pro dan kontra pun mulai bersahut-sahutan di media sosial. Spot wisata ini ada sisi positif dan negatifnya.

Bank BRI menjadi bank pertama yang menenggelamkan ATM di bawah laut Indonesia. Tercatat dalam rekor MURI, seperti yang dilihat dari situs MURI, Senin (26/2/2018) terdapat 3 mesin ATM yang jadi spot foto-foto.

Dibagikan di laman Instagram, komentar pro dan kontra pun banyak dilontarkan warganet. Walaupun sebenarnya, akan ada sisi positif dan negatif dari ATM bawah laut ini.

"Belakang ATM-nya kan bolong, bisa digunakan sebagai fish shelter. Itu positifnya." ujar Irfan Lazuardi, pengamat lingkungan di Lampung.

Sisi Positif dan Negatif Mesin ATM di Bawah Laut PahawangATM yang dijadikan media transplant karang sebelum dilettakan di bawah laut (Istimewa)
Fish shelter merupakan tempat bagi ikan-ikan untuk berlindung sebagai pengganti karang. Selain fish shelter, ATM ini juga dipasang dengan media transplant karang.

"Mereka juga naruhnya kan di tempat yang karangnya sudah hancur atau rubble. Diharapkan ketika itu terjadi akan ada suksesi," jelas Irfan.

Suksesi merupakan suatu saat di mana karang tumbuh di benda-benda asing yang masuk ke perairan. Contohnya saja bangkai kapal atau wreck yang jadi tempat tumbuhnya terumbu.

Lalu apa sisi negatifnya?

"Semua benda asing yang masuk ke perairan, ya... itu nggak bagus sih," ujar Irfan.

Ibaratnya, wajah yang dioperasi plastik. Walau pun dibilang tak berbahaya dan sudah dalam pengawasan, tetap saja akan menimbulkan efek samping. Begitu pula dengan laut.

Lokasi ATM bawah laut ini berada di Desa Pahawang, Dusun Pagetahan, Pahawang Besar. Adanya ATM ini, diharapkan mengurangi kerusakan terumbu karang yang kebanyakan patah oleh para wisatawan.

Perusakan utama terumbu karang di Pahawang yang pertama adalah bom ikan. Kemudian disusul dengan aktivitas manusia di bidang pariwisata.

"Sebenarnya, ketika kita selfie sama atm ini tidak akan merusak terumbu karang. Karena yang kita pegang kan ATM buka terumbu karang. Kalau kita foto pas snorkeling itu ada kemungkinan lifeform-nya ada yang patah. Entah keinjek sama wisatawan atau pun pas megang terumbu karang," ungkap Irfan.

ATM ini dikerjakan dan diletakkan langsung oleh warga Pahawang. ATM bawah laut ini diharapkan untuk menambah tujuan destinasi.

"Hasilnya akan masuk ke kas desa, karena nanti setiap masuk spot ini akan bayar per kapal," kata Irfan.

"Antara manfaat dan tidak manfaat, ya sebanding. Setidaknya kalau di ATM ini mereka tidak akan menginjak karang," tutur Irfan. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED