Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Mar 2018 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Di Negara ASEAN, Paspor Indonesia Peringkat Berapa?

Ilustrasi paspor Indonesia (Andhika Akbaryansyah/detikTravel)
Jakarta - Di lingkup negara ASEAN, paspor Singapura berhasil menjadi yang tersakti di dunia. Kalau paspor Indonesia di peringkat berapa?

Situs peringkat paspor dunia Passport Index, baru saja menobatkan Singapura dan Korea Selatan sebagai negara dengan pemegang paspor tersakti di dunia.

BACA JUGA: Peringkat Terbaru, Dua Negara Asia Pegang Paspor Tersakti Dunia

Namun di lingkup negara ASEAN, paspor hijau Indonesia berhasil masuk dalam peringkat 10 besar. Dihimpun detikTravel dari situs Passport Index, Senin (5/3/2018), paspor Indonesia masuk dalam peringkat 6 paspor terkuat di Asia Tenggara.

Peringkat 1 paspor terkuat di negara ASEAN diraih oleh Singapura sekaligus sebagai pemegang paspor terkuat di dunia tahun 2018. Paspor merah Singapura memiliki akses bebas visa kunjungan (BVK) dan visa on arrival (VoA) ke 162 negara dunia.

Kemudian di peringkat 2 ada Malaysia yang memiliki akses BVK dan VoA ke 158 negara. Di peringkat 3 ada Brunei dengan akses BVK dan VoA ke 139 negara.

Sedangkan di peringkat 4 negara bekas pecahan Indonesia, Timor Leste, dengan akses BVK dan VoA ke 88 negara. Lalu di peringkat 5 ada Thailand dengan akses BVK dan VoA ke 75 negara.

Untuk paspor Indonesia yang berhasil masuk ke peringkat 6 terbaik di Negara ASEAN, memiliki akses BVK dan VoA ke 70 negara di dunia. Di tahun 2017 lalu, paspor Indonesia berada di peringkat 63 dunia dengan akses BVK dan VoA ke 64 negara. Jadi ada peningkatan.

Semoga saja paspor hijau Indonesia bisa lekas mengejar ketertinggalan dengan negara lain di lingkup Asia Tenggara. (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA