Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Mar 2018 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Baru Top! Mahasiswa Indonesia Promosi Wisata di Madinah

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (KJRI Jeddah)
Foto: (KJRI Jeddah)
Madinah - Indonesia yang diwakili oleh Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) ikut serta dalam Students Cultural Festival di Madinah. Mereka promosi wisata.

Dalam rilis yang diterima detikTravel dari KJRI Jeddah, Sabtu (10/3/2018) Indonesia yang diwakili oleh Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Cabang Madinah untuk kali ketujuh ikut serta dalam Festival Budaya Antar Bangsa atau Students Cultural Festival ke-7 yang dihelat oleh Universitas Islam Madinah (UIM). Gelaran taaruf budaya yang berlangsung dari 27 Februari hingga 9 Maret 2018 kemarin ini, berlangsung di lapangan bertenda kampus UIM diikuti sebanyak 80 negara perwakilan yang terdiri dari para mahasiswa yang tengah belajar di perguruan tinggi di Madinah.

Tim Indonesia yang menghadirkan stan berkonsep Tongkonan, yaitu rumah adat masyarakat Toraja dari Sulawesi Selatan dengan ciri khas atap melengkung menyerupai perahu berhiaskan deretan tanduk kerbau yang terdapat di bagian depan. Berlatar lukisan gugusan pulau Indonesia dengan hamparan perairan bertuliskan pesan: Visit Indonesia, stan Indonesia memberikan pesan kepada pengunjung betapa besar dan luasnya negara kepulauan Indonesia dengan segala kekayaan alamnya yang indah dan keragaman budayanya.

Selain melayani langsung berbagai pertanyaan dari pengunjung seputar Indonesia, panitia membagi-bagikan buku berbahasa Arab dan menayangkan film tentang profil Indonesia yang disulihsuarakan ke dalam bahasa Arab sehingga mudah dimengerti pengunjung. Panitia juga menyediakan bingkai besar terbuat dari styrofoam dan pakaian adat dengan aksesorisnya yang bisa dicoba pengunjung sambil berfoto dengan latar belakang stan Indonesia.

Ini Baru Top! Mahasiswa Indonesia Promosi Wisata di Madinah(KJRI Jeddah)


Konjen RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin mengapresiasi semangat mahasiswa Indonesia di UIM yang cukup aktif mempromosikan citra Indonesia melalui festival kebudayaan yang tahun ini mengusung tradisi Tanah Toraja.

"Saya menitipkan kepada pengurus yang baru agar (festival) tahun depan ditingkatkan, mungkin ada side programnya dalam bentuk apa gitu, sehingga tidak melulu yang sifatnya statik yang ada di pameran itu, seperti pemberian seminar yang ditujukan untuk mahasiswa dari lain negara," katanya.

Sementara itu, rektor UIM Dr Hatem Hassan Marzouki dalam sambutanya menyampaikan bahwa Universitas Islam Madinah yang terletak di jantung kota Madinah ini selain memilik spesialisasi yang beragam juga terdiri kebudayaan yang beraneka ragam. Sedangkan menurut ketua panitia, Faqih Hamdani Hafizh, ada yang berbeda dari penyelenggaraan Festival Budaya Antar tahun ini.

"Tahun ini festival berlangsung lebih lama, 11 hari dan pengunjung lebih ramai. Laki-perempuan dan juga anak-anak bisa berkunjung pada waktu yang sama," ujarnya.

Ini Baru Top! Mahasiswa Indonesia Promosi Wisata di MadinahFoto: (KJRI Jeddah)


Selain itu, lanjut Faqih, tahun ini disediakan sarana angkutan secara gratis bagi pengunjung yang berangkat dari sejumlah titik menuju ke lokasi festival. Untuk lebih menarik masyarakat berkunjung ke festival, pihak penyelenggara membagi-bagikan aneka door prize bagi pengunjung dengan hadiah utama tiga buah mobil yang diundi di hari terakhir penyelenggaraan festival.

Festival Kebudayaan yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Madinah, Pangeran Faisal Bin Salman, dikunjungi sejumlah pejabat tinggi negara Saudi, antara lain Menteri Perumahan Arab Saudi, Sekjen Liga Dunia Islam, serta sejumlah diplomat dari 34 kedutaan dan konsulat Jederal. Setiap hari festival itul dibuka untuk umum dari semua kalangan dari pukul 9.00 hingga 23.00 waktu setempat.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

14 Kapal Pesiar Terbaik 2018

Jumat, 14 Des 2018 07:50 WIB

Wisata naik kapal pesiar, makin sering dilakukan wisatawan. Inilah daftar kapal pesiar terbaik 2018 versi Cruise Critic Editors' Picks Awards.