Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Mar 2018 14:59 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Alasan China Pakai Sistem Kredit Sosial untuk Batasi Warga Traveling

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi turis China (Reuters)
Foto: Ilustrasi turis China (Reuters)
Shanghai - China berencana menerapkan aturan demi membatasi warga yang bermasalah untuk pergi traveling. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Dikumpulkan detikTravel dari Reuters, Selasa (20/3/2018), aturan ini dikeluarkan oleh Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional China. Aturan ini adalah Sistem Kredit Sosial, dimana setiap pelayanan yang didapatkan warga China akan bergantung dari tingkah laku mereka.

Orang yang pernah bikin ulah saat pergi traveling, atau tidak menaati kewajiban sebagai warga negara, lambat laut akan dilarang untuk perti traveling. Larangan ini untuk menggunakan pesawat dan kereta.

Presiden China Xi Jinping, membuat aturan ini dengan prinsip 'Sekali tidak dapat dipercaya, akan selalu dilarang selamanya'. Sehingga, apapun tindakan yang pernah dilakukan bakal berdampak ke pelayanan yang didapatkan.

Apa alasannya? Rupanya Pemerintah China ingin membuat penduduknya lebih teratur dan bersikap lebih baik. Khususnya, saat traveling ke berbagai wilayah.

BACA JUGA: Turis China Diminta Tidak Mengupil & Pipis di Kolam Renang

Sudah rahasia umum, banyak negara menganggap turis asal Negeri Tirai Bambu memiliki sikap dan perilaku yang terkadang meresahkan di beberapa tempat. Pemerintah China juga merasakan sendiri dan sudah gerah mendapat komplain seperti ini.

Sebelumnya, China juga pernah membuat buku panduan untuk bersikap saat travelng ke luar negeri. Beberapa sikap yang dilarang dalam buku tersebut antara lain meludah, memakan sup langsung dari mangkuk, serta membuang sampah sembarangan.

Aturan ini rencananya akan dimulai tanggal 1 Mei 2018. Perilaku-perilaku yang dapat mengurangi penilaian dalam Sistem Kredit Sosial antara lain adalah merokok di gerbong kereta, menggunakan tiket kedaluwarsa, sampai telat membayar denda atau asuransi. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!