Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 08 Apr 2018 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Meski Kawah Sileri Meletus, Dieng Masih Aman Dikunjungi

Uje Hartono
detikTravel
Kawasan Candi Arjuna (Uje Hartono/detikTravel)
Banjarnegara - Wisatawan yang mau liburan ke Dieng tak perlu khawatir, meski adanya letusan freatik Minggu (8/4/2018) siang. Beberapa tempat wisata dinilai masih aman.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara memastikan, jika letusan kawah tersebut hanya di pemandian air hangat Dqiano serta kawah itu sendiri. Kepala BPBD Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan saat ini radius aman akibat letusan di kawah Sileri 200 meter dari bibir kawah. Sehingga, untuk objek wisata lain di Dieng, Jawa Tengah masih aman untuk dikunjungi wisatawan, misalnya kawasan Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Merdada, Museum Kaliasa dan objek wisata lainnya.

"Lokasi antara Kawah Sileri dengan objek wisata lainnya jauh. Hanya pemandian air hangat Dqiano yang lokasinya masih satu area dengan Kawah Sileri direkomendasikan ditutup," jelas dia saat dihubungi detikTravel Minggu (8/4/2018) malam.

BACA JUGA: Kawah Sileri Dieng Kembali Meletus

Telaga Merdada (Uje Hartono/detikTravel)Telaga Merdada (Uje Hartono/detikTravel)


Arief juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara untuk melakukan sosialisasi jika objek wisata lainnya aman. Selain itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara beserta relawan bencana untuk sama-sama mengawasi agar warga dan wisatawan tidak mendekat ke Kawah Sileri.

"Warga yang punya lahan di dekat bibir kawah untuk mendekat 200 meter dari bibir kawah. Selain itu wisatawan juga diimbau untuk menaati larangan untuk tidak ke bibir kawah Sileri," imbaunya.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Surip mengatakan material letusan kawah Sileri mencapai tinggi 50 meter. Sedangkan tinggi asap sekitar 80 meter. "Tetapi letusan ini lebih kecil jika dibanding letusan 1 April 2018 lalu. Yang sebelumnya material letusan mencapai tinggi 150 meter," jelasnya.

BACA JUGA: Motor Mantan Pengawal Bung Karno Dibanderol Rp 150 Juta, Mau?

Wisatawan berfoto-foto di Candi ArjunaWisatawan berfoto-foto di Candi Arjuna (Uje Hartono/detikTravel)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA