Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Apr 2018 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Korsel Rilis Visa Grup, 887 Turis Indonesia Langsung Berangkat

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Istana Gyeongbok di Korea (Muchus Budi Rahayu)
Istana Gyeongbok di Korea (Muchus Budi Rahayu)
Jakarta - Korea Selatan membuat kebijakan visa baru untuk memudahkan turis Indonesia datang ke Negeri Ginseng. Hampir 900 orang langsung berangkat.

Banyak traveler Indonesia yang ingin liburan ke Korea Selatan. Gayung pun bersambut dengan Kedubes Korea Selatan meluncurkan kebijakan baru soal visa yaitu Group Visa.

Group Visa adalah untuk rombongan karyawan atau keluarganya yang mendapatkan insentif dari perusahaan untuk mengunjungi Korea Selatan. Serta, kunjungan pelajar sampai setingkat SMA.

Kuota untuk satu Group Visa termasuk tour leader, minimum 5 orang maksimum 50 orang dan direkomendasikan 30-40 orang. Group Visa bisa didapatkan dari 33 travel agent yang sudah disahkan oleh Kedubes Korea Selatan.

BACA JUGA: Korsel Luncurkan Visa Multiple & Group Visa Buat Turis Indonesia

Kebijakan baru ini langsung disambut Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa). Sebanyak 887 orang berupa anggota Kospin Jasa dan keluarga akan melakukan perjalanan insentif liburan ke Korea Selatan.

"Jadi ini sebenarnya produk tabungan kami yang dikemas tidak memberi bunga, tapi dikonversi jadi jalan-jalan ke luar negeri. Ternyata responsnya bagus, yang ikut jalan-jalan ada 887 orang, hampir 900 orang," kata Ketum Kospin Jasa Andy Arslan Djunaid dalam perbincangan dengan detikTravel, Kamis (12/4/2018).

Andy mengaku pihaknya sempat khawatir soal pengurusan visa. Maklum, yang akan berangkat ada 887 orang dan itu bukan jumlah yang sedikit. Berapa lama mengurus visa untuk 887 orang anggotanya di Kedubes Korsel? Itu yang ada di pikiran Andy.

"Kita inisiatif datang ke Kedubes Korsel, tadinya mau minta semacam dispensasi supaya pengurusan visa bisa cepat. Ternyata Kedubes Korsel sudah punya program ini (group visa), jadi pengurusannya mudah," kata Andi.


Visa ratusan orang anggota Kospin Jasa itu selesai dalam 5 hari. Kata Andy, untuk berangkat liburan ke Korea Selatan akan dibagi 3 kloter karena keterbatasan kursi pesawat, yaitu 15 April, 23 April dan 29 April.

"Untuk dokumen visa dan perjalanan ke Korea Selatan kita pakai travel agent AntaVaya. Rencananya kami akan ke Seoul, Pulau Nami dan Mount Seorak," kata Andy.

Bagaimana komentar Andy dengan kebijakan baru soal visa ke Korea Selatan?

"Kalau saya lihat, makin mudah ke Korea Selatan ya itu bagus. Mengurus visa kadang ribet kalau nggak punya waktu banyak. Jadi ini mempermudah semua orang yang mau ke luar negeri," tutupnya.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA