Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Apr 2018 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

Tipikal Liburan Orang Indonesia ke Malaysia

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Foto: Suasana Malaysia Travel Road Show di Jakarta (Shinta/detikTravel) (Shinta/detikTravel)
Foto: Suasana Malaysia Travel Road Show di Jakarta (Shinta/detikTravel) (Shinta/detikTravel)
Jakarta - Indonesia menjadi negara kedua turis terbanyak yang datang ke Malaysia. Apa yang orang Indonesia cari di sana?

Menurut data Tourism Malaysia, tahun lalu wisatawan Indonesia yang datang ke Malaysia mencapai 2.796.570 orang. Menduduki posisi ke-2 setelah Singapura.

"Sasarannya 3,4 juta. Wisatawan keseluruhan sampai 2020 36 juta. Kita buka potensi di Makassar, Palu, Gorontalo, Banyuwangi, Balikpapan, Samarinda dan Pontianak karena border crossing," ujar Ruslan Othman, Director Malaysia Tourism Board, Embassy of Malaysia saat ditemui detikTravel di Hotel Pullman Jakarta Thamrin, Rabu (18/4/2018).

Selain itu, orang Indonesia yang datang ke Malaysia tidak hanya untuk sekedar plesiran. Mereka juga berbelanja, bahkan melakukan pengobatan.

BACA JUGA: Seperti Apa Pariwisata di Perbatasan Indonesia-Malaysia?

"Mereka banyakan membeli product branded di Malaysia. Ada 3 kalau event Megasale, (bulan) Maret, Agustus dan Desember," ucapnya.

"Turis indonesia ke malaysia juga dalam rangka health (kesehatan), mereka berobat jika datang ke Malaysia," tambahnya.

Selain itu, Dato Seri Zahrain Mohamed Hashim, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, menambahkan bahwa turis Indonesia juga dipermudah dengan konektivitas yang ada.

"Konektivitas Malaysia dan Indonesia cukup baik. Hampir 600 penerbangan Indonesia-Malaysia dan sebaliknya tiap minggu. Beda situasinya dengan 5 tahun lalu," tambahnya.

Seperti yang diketahui, menjangkau wilayah Malaysia bisa ditempuh dengan berbagai cara. Misalnya dengan pesawat ke Kuala Lumpur, Penang, Kuching, serta kapal dan jalur darat ke beberapa wilayah tertentu dan berdekatan dengan Indonesia.

BACA JUGA: Masyarakat RI di Kota-kota Besar Mulai Kepincut Motor Listrik (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED